Analisis Pengaruh Non Performing Financing (Npf), Capital Adequacy Ratio (Car), Dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (Bopo) Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Swasta Syariah Indonesia

Maharani, Putri (2024) Analisis Pengaruh Non Performing Financing (Npf), Capital Adequacy Ratio (Car), Dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (Bopo) Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Swasta Syariah Indonesia. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4219087_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4219087_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4219087_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

MAHARANI, PUTRI. Analisis Pengaruh Non Performing Financing (NPF), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Swasta Syariah Indonesia. Return on asset (ROA) digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam memperoleh kuntungan (laba) secara keseluruhan. Semakin besar ROA suatu bank, semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai bank tersebut dari segi penggunaan aset. Rasio Return on Assets (ROA) merupakan indikator profitabilitas dalam penelitian ini. karena rasio ini merupakan alat yang mengukur kemampuan bank untuk mengelola seluruh aset perusahaan dan menghasilkan laba setelah pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh non performing financing (NPF), capital adequacy ratio (CAR), dan biaya operasional pendapatan operasional (BOPO) terhadap profitabilitas pada Bank Umum Swasta Syariah Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan Bank Umum Swasta Syariah meliputi Bank Victoria Syariah, Bank Muamalat Indonesia, Bank Mega Syariah, dan Bank BCA Syariah periode 2019 hingga 2023. Sampel yang digunakan sebanyak 80 sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel dengan estimasi pemilihan model yaitu common effect model (CEM), fixed effect model (FEM), dan random effect model (REM). Metode yang terpilih untuk penelitian ini yaitu fixed effect model (FEM) yang diperoleh dengan bantuan EViews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa non performing financing (NPF) secara parsial tidak berpengaruh terhadap return on asset (ROA), capital adequacy ratio (CAR) secara parsial tidak berpengaruh terhadap return on asset (ROA), dan biaya operasional pendapatan operasional (BOPO) secara parsial berpengaruh negatif terhadap return on asset (ROA), sedangkan secara simultan variabel non performing financing (NPF), capital adequacy ratio (CAR), dan biaya operasional pendapatan operasional (BOPO) berpengaruh terhadap return on asset (ROA).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDevy, Happy SistaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Non Performing Financing (NPF), Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Return On Asset (ROA), dan Fixed Effect Model (FEM)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:14
Last Modified: 05 Aug 2024 06:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10396

Actions (login required)

View Item View Item