Pelaksanaan Bimbingan Belajar Untuk Meminimalisir Kesulitan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas Vii Mts Nur Anom Gringsing Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

Hidayah, Nazilatul (2021) Pelaksanaan Bimbingan Belajar Untuk Meminimalisir Kesulitan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas Vii Mts Nur Anom Gringsing Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517022 - Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3517022 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3517022 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hidayah, Nazilatul. 2021. Pelaksanaan Bimbingan Belajar untuk Meminimalisir Kesulitan Belajar di masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas VII MTs Nur Anom Gringsing Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Skripsi Fakultas/ Jurusan: Ushuluddin Adab dan Dakwah/ Bimbingan Penyuluhan Islam Institut Agama Islam Pekalongan. Pembimbing: Izza Himawanti, M.Si. Latar belakang masalah penelitian ini bahwa kesulitan belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa sangatlah banyak terjadi diberbagai sekolah tak terkecuali di MTs Nur Anom Gringsing. Adanya kesulitan belajar siswa tentunya membuat nilai siswa mengalami penurunan dan tentunya mengakibatkan kurangnya semangat siswa dalam belajar terlebih lagi dalam pembelajaran daring. Pelaksanana bimbingan belajar di MTs Nur Anom Gringsing tentunya diharapkan mampu menumbuhkan semangat dan motivasi siswa dalam belajar sehingga mampu memberikan hasil yang maksimal. Rumusan masalah yang diungkap adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas VII MTs Nur Anom Gringsing, bagaimana kesulitan belajar di masa pandemi covid-19 setelah adanya layanan bimbingan belajar pada siswa kelas VII MTs Nur Anom Gringsing. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas VII MTs Nur Anom Gringsing dan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas VII MTs Nur Anom Gringsing setelah adanya layanan bimbingan belajar. Kegunaan penelitian ini untuk menemukan serta mengetahui pelaksanaan bimbingan belajar untuk meminimalisir keulitan belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas VII MTs Nur Anom Gringsing, memberikan masukan bagi siswa dan guru agar sadar sedang dalam kesulitan belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan (file research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: pelaksanaan bimbingan belajar di MTs Nur Anom Gringsing berjalan dengan sesuai hal ini dapat dilihat dari akademik siswa lebih baik dari sebelum adanya pemberian layanan bimbingan belajar dengan setelah adanya pemberian layanan bimbingan belajar walaupun tidak signifikan, selain itu juga siswa menjadi lebih semangat dan termotivasi dalam belajar setelah adanya layanan bimbingan belajar. hal ini tentunya pelaksanaan bimbingan belajar mampu meminimalisir kesulitan yang terjadi pada siswa saat proses belajar daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDHimawanti, IzzaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Kesulitan Belajar di masa Pandemi Covid-19
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:13
Last Modified: 16 Aug 2024 07:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10451

Actions (login required)

View Item View Item