Pengaruh promosi dan Kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan Jasa Bank Sampah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Sampah Di Simbang Wetan Pekalongan Selatan)

ZUHAIRINA, ZUHAIRINA (2019) Pengaruh promosi dan Kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan Jasa Bank Sampah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Sampah Di Simbang Wetan Pekalongan Selatan). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

[img] Text
2013115119 ZUHAIRINA BAB I, V DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2013115119 ZUHAIRINA BAB I - V FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu strategi agar lingkungan tetap terjaga dengan bersih yaitu solusinya menabung barang bekas ke Bank Sampah, menjadikan barang bekas jadi rupiah. Agar para calon nasabah tertarik menabung di Bank Sampah, perlu adanya penambahan nisbah bagi hasil yang tinggi.Penerapan kualitas pelayanan yang ramah dan mempromosikan informasi yang terupdate. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengkonfirmasikan pengaruh nisbah bagi hasil, promosi dan kualita pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa Bank Sampah di Simbang Wetan Pekalongan Selatan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa wawancara langsung dengan karyawan Bank Sampah di Simbang Wetan, sedangkan data sekundernya adalah buku, internet, dan dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.Penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada 50 nasabah yang menabung di Bank Sampah di Simbang Wetan Pekalongan Selatan yang diperoleh menggunakan teknik sampel jenuh. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Thitung variabel promosi (X1) sebesar -2,129 bernilai negatif dengan signifikansi sebesar 0,038. Karena Thitung lebih kecil dari Ttabel -2,129 < 2,01174 dan nilai signifikansi 0,038 < 0,05. Dan nilai Thitung variabel kualitas pelayanan (X2) lebih kecil dari Ttabel 2,834 < 2,01174 dan nilai signifikansi 0,007 > 0,05. Kemudian melalui uji F menunjukkan bahwa variabel promosi dan kualitas pelayanan (bersama – sama) berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa Bank Sampah di Simbang Wetan Pekalongan Selatan dengan nilai Fhitung 4,079 > Ftabel 3,19 dan nilai signifikansi 0,023 < 0,05. Nilai r squre sebesar 0,148. Hal ini dapat dijelaskan, bahwa sekitar 14,8% keputusan penggunaan jasa dijelaskan oleh kombinasi variabel promosi (X1) dan kualitas pelayanan (X2). Kata Kunci : Promosi dan Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyid, H. AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promosi dan Kualitas Pelayanan
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:52
Last Modified: 21 Aug 2025 04:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10660

Actions (login required)

View Item View Item