Amanah, Annisa Nur (2018) Peran Kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini TK Muslimat NU Masyitoh 08 Kramatsari-Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Suatu lembaga pendidikan anak usia dini tentunya ada sosok Kepala PAUD sebagai pemimpin pendidikan yang mempunyai peran penting bagi guru dan muridnya. Kepala PAUD sebagai central penggerak dalam suatu pendidikan yang mempunyai tugas memimpin dan mengendalikan proses peningkatan kualitas pendidikan. Selain itu Kepala PAUD juga mempunyai beberapa gaya kepemimpinan guna menjalankan tugas dan amanahnya dalam suatu lembaga pendidikan anak usia dini serta membina dan mengarahkan seluruh aktivitas pendidikan. Kepemimpinan Kepala PAUD ini yang mendasari seorang leader pada suatu organisasi lembaga pendidikan dapat berjalan dengan semestinya, guna mencapai suatu tujuan pada tingkat kualitas pendidikan. Rumusan masalah penulis ajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) TK Muslimat NU Masyitoh 08 Kramatsari-Pekalongan, bagaimana faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) TK Muslimat NU Masyitoh Kramatsari-Pekalongan, tujuan dan kegunaan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) TK Muslimat NU Masyitoh 08 Kramatsari-Pekalongan, faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini TK Masyitoh NU 08 Kramatsari-Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Jenis analisis yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman antara lain: Reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran kepemimpinan Kepala PAUD yang ada di TK Muslimat NU Masyitoh 08 Kramatsari-Pekalongan mempunyai peran sebagai visioner, sebagai motivator, kepemimpinan dalam pengendalian dan hubungan organisasional, dan kepemimpinan dalam menyampaikan informasi. Serta faktor pendukungnya adalah kompetensi guru, anak didik, orang tua dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor alam, faktor pendanaan dan faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepemimpinan, Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | Nuzulul Nuzulul | ||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2020 06:28 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1078 |
Actions (login required)
View Item |