Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Pembelian Ulang di Shopee dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Muslim Pengguna Shopee di Wilayah Pekalongan)

Sari, Wulan (2024) Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Pembelian Ulang di Shopee dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Muslim Pengguna Shopee di Wilayah Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4118180_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4118180_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4118180_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan pesat teknologi di industri e-commerce telah menyebabkan munculnya berbagai platform belanja online, salah satunya adalah Shopee. Kompetisi yang ketat antar platform e-commerce memaksa setiap perusahaan untuk terus menarik dan mempertahankan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat pembelian ulang dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada konsumen muslim pengguna Shopee di wilayah Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS), dengan menggunakan software SmartPLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan Selain itu, persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan juga berpengaruh positif signifikan terhadap minat pembelian ulang. Kepuasan juga ditemukan berpengaruh positif signifikan terhadap minat pembelian ulang. Lebih lanjut, kepuasan terbukti mampu memediasi pengaruh antara persepsi manfaat terhadap minat pembelian ulang serta mampu memediasi pengaruh antara persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat pembelian ulang. Kata kunci: Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepuasan, dan Minat Pembelian Ulang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNingtyas, Jilma Dewi AyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepuasan, dan Minat Pembelian Ulang
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 22 Oct 2024 06:58
Last Modified: 22 Oct 2024 06:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10901

Actions (login required)

View Item View Item