Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learning Berbasis Card Sort Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Vii Smp Negeri 7 Tegal

Syafa'at, Firman (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learning Berbasis Card Sort Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Vii Smp Negeri 7 Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2618034_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2618034_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2618034_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai penilaian harian sebelum dilakukannya eksperimen penelitian yang salah satunya disebabkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis ratarata siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tegal. Penelitian ini memiliki tiga tujuan penelitian. Pertama, untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tegal pada model pembelajaran accelerated learning berbasis card sort. Kedua, untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tegal pada model pembelajaran konvensional. Ketiga, untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran accelerated learning berbasis card sort terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas ViI SMP Negeri 7 Tegal tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif ratarata dan statistik inferensial independent sample test. Hasil analisis statistik pertama diperoleh rata-rata posttest kemampuan pemahaman konsep matematis siswa lebih besar dari pretest pada model pembelajaran accelerated learning berbasis card sort. Hasil analisis statistik kedua diperoleh rata-rata posttest kemampuan pemahaman konsep matematis siswa lebih besar dari pretest pada model pembelajaran konvensional. Hasil analisis statistik yang ketiga diperoleh nilai t sebesar 2,359 dan taraf signifikansi 0,022 < 0,05. Terdapat pengaruh yang positif penerapan model pembelajaran accelerated learning berbasis card sort terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tegal. Bagi peneliti berikutnya diharapkan untuk melanjutkan dan mengembangkan penelitian ini dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Accelerated Learning, Card Sort, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Nov 2024 06:45
Last Modified: 04 Nov 2024 06:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10991

Actions (login required)

View Item View Item