Penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradāt bahasa arab siswa kelas VII SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan

Wulandari, Dini (2024) Penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradāt bahasa arab siswa kelas VII SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220079_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220079_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2220079_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyak siswa kelas VII SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan yang kurang memahami pembelajaran mufradāt bahasa Arab, siswa yang menganggap pelajaran bahasa Arab membosankan dan kemudian siswa juga kurang antusias ketika pelajaran bahasa Arab sehingga guru memanfaatkan metode bernyanyi yang dapat menciptakan suasana yang mengasyikkan dapat menarik minat siswa dalam proses pembelajaran dan dapat memmpermudah siswa dalam memahami dan menghafal mufradāt bahasa Arab. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas VII SMP NU Karangdadap Pekalongan? 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas VII SMP NU Karangdadap Pekalongan ?. Tujuannya penelitian ini adalah 1) Mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas VII SMP NU Karangdadap Pekalongan. 2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan mufradāt siswa kelas VII SMP NU Karangdadap Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab meliputi tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan materi. Adapun kelebihan metode bernyanyi di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan yaitu suasana kelas menjadi mengasyikkan, melibatkan partisipasi seluruh siswa, lebih mudah untuk memahami dan menghafal materi, dan sebagai hiburan bagi siswa. Adapun kekurangan metode bernyanyi di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan yaitu kelas menjadi lebih ramai dan kurang kondusif, kurang efektif bagi anak pendiam dan tidak suka bernyanyi, membutuhkan banyak waktu, dan kurang cocok diterapkan pada kelas tujuh keatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuasomah, Muasomah199012152019032018UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Mufradāt, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 06 Nov 2024 00:38
Last Modified: 06 Nov 2024 00:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11037

Actions (login required)

View Item View Item