Penggunaan teknologi digital melalui pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Kasus di MTs Agung Alim Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang)

Musyafak, Musyafak (2024) Penggunaan teknologi digital melalui pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Kasus di MTs Agung Alim Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang). Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_bab I dan bab VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Teknologi merupakan metode komprehensif untuk memasok produk-produk penting yang berguna bagi kelangsungan dan kenyamanan keberadaan manusia. Teknologi digital memfasilitasi pengalaman belajar aktif, mendorong pengembangan pengetahuan, mendorong pengembangan keterampilan pemecahan masalah, dan mendorong eksplorasi pengetahuan yang lebih mendalam bagi peserta didik. Permasalahan pada penelitian ini: 1. Bagaimana Penggunaan Teknologi Digital melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Agung Alim Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang? 2. Bagaimana dampak Penggunaan Teknologi Digital melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Agung Alim Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang? Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis Penggunaan Teknologi Digital melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Agung Alim Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang dan menganalisis dampak Penggunaan Teknologi Digital melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Agung Alim Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Sedangkan Kegunaanya yaitu: dapat berguna baik secara teoritis maupun praktis. Secara teoritis dapat menambah pengetahuan, terutama Dapat memberikan kontribusi pada literatur akademis dan penelitian terkait. Sedangkan secara praktis dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan menarik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Penggunaan Teknologi Digital melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Agung Alim Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang telah terlaksana dengan baik dengan menerapkan tujuh prinsip pembelajaran CTL, yaitu konstruktivisme, Inkuiri, Bertanya (Questioning), penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian otentik (nyata). 2. Dampak Penggunaan Teknologi Digital melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Agung Alim Blado Kecamatan Blado Kabupaten Batang yaitu segi input dari tenaga pendidik termasuk sangat baik. Kemudian dalam proses (process) dan hasil (output) sudah sudah dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Digital, Contextual Teaching and Learning
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 13 Dec 2024 07:04
Last Modified: 13 Dec 2024 07:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11057

Actions (login required)

View Item View Item