Milah, Siti Khalafah Ilmiyatu (2024) Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220043_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220043_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
2220043_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kesalahan fonologi ketika mengucapkan bunyi huruf hijaiyah baik dalam segi lisan maupun tulisan dapat menjadi masalah saat proses pembelajaran bahasa Arab. Apabila terjadi kesalahan saat pengucapan fonem bahasa Arab dapat menyebabkan perubahan makna dan pemahaman bagi yang mendengarkan. Kesalahan tersebut juga terjadi pada siswa kelas VIII SMP NU Kajen yang kemampuan membacanya masih rendah, seperti siswa yang masih terbata-terbata ketika membaca teks bahasa Arab, kesulitan membedakan huruf-huruf yang serupa baik dari segi pelafalan maupun bentuknya, serta kesalahan dalam melafalkan pendek dan panjang bacaan. Oleh karena itu penting untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan kesalahan tersebut. Hal ini melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian di SMP NU Kajen dengan menganalisis kesalahan tersebut untuk menemukan solusi yang dapat diterapkan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan membaca teks bahasa Arab dalam tataran fonologi, faktor-faktor penyebab kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa Arab, dan upaya untuk mengatasi kesalahan tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apa saja bentuk-bentuk kesalahan fonologi yang dialami siswa kelas VIII SMP NU Kajen? 2) Apa saja faktor-faktor penyebab kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMP NU Kajen? 3) Bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMP NU Kajen? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII SMP NU Kajen, sedangkan sumber data sekundernya kepala sekolah, buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan tes lisan. Adapun teknik analisis datanya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMP NU Kajen yaitu berupa perubahan fonem, penghilangan fonem, dan penambahan fonem. Faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut adalah fonem dalam bahasa Arab yang tidak memiliki padanan dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab memiliki huruf-huruf yang bentuk dan pelafalannya hampir serupa satu sama lain, minat dan motivasi, rendahnya rasa percaya diri siswa, faktor intelektual, faktor keluarga, lingkungan sekolah, serta sarana dan prasarana. Upaya yang telah dilakukan guru untuk mengatasi kesalahan tersebut adalah memusatkan perhatian pada pribadi, memilih bahan pengajaran yang sesuai, menumbuhkan kepercayaan diri, dan menumbuhkan motivasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Fonologi, Membaca. Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:21 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:21 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11151 |
Actions (login required)
View Item |