Prasetiya, Uki Adi (2024) Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 01 Sukorejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2321004_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (789kB) |
|
Text
2321004_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2321004_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan menyimak merupakan aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Namun, siswa sering kali menghadapi kesulitan dalam mengembangkan keterampilan ini. Guru berperan penting sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, dan motivator untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Penelitian ini menggali peran guru di SDN 01 Sukorejo dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV dan bagaimana guru membantu meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Rumusan masalah yang diangkat adalah: 1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN 01 Sukorejo?, dan 2) Bagaimana keterampilan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 01 Sukorejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan guru dan perwakilan siswa, serta observasi di kelas IV SDN 01 Sukorejo. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi terkait pembelajaran. Keabsahan data dijamin melalui teknik triangulasi, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru memiliki peran krusial dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV di SDN 01 Sukorejo melalui enam aspek utama: sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, dan motivator. Guru berperan memberikan penjelasan materi secara jelas, menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, serta mendukung pengembangan potensi siswa melalui bimbingan dan motivasi yang berkelanjutan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa keterampilan menyimak siswa berkembang melalui lima tahapan: mendengar, memahami, menginterpretasi, mengevaluasi, dan menanggapi informasi yang diberikan. Melalui tahapan ini, siswa menunjukkan peningkatan dalam fokus, kemampuan merangkum informasi, berpikir kritis, dan partisipasi aktif dalam diskusi, yang secara keseluruhan mendukung pembelajaran yang lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menyimak, Peran Guru, Pembelajaran Bahasa Indonesia. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 06:12 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 06:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11165 |
Actions (login required)
View Item |