Nabila, Zulfa (2024) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Melalui “Battle of the Brains War” Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VIII di SMP N 2 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid.
Text
2620033_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (789kB) |
|
Text
2620033_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
2620033_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika di SMP seringkali dihadapkan pada tantangan bagaimana meningkatkan kemampuan pemahaman siswa yang kesulitan dalam memahami konsep matematika. Dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat menjadi pilihan alternatif yang efektif untuk menciptakan proses pembelajaran menjadi lebih aktif, menyenangkan, dan juga memahamkan siswa. Mengajak siswa terlibat dalam permainan “Battle of the Brains War” yang merupakan pertandingan antar kelompok. Rumusan masalah penelitian ini terbagi menjadi dua, pertama Bagaimana pemahaman konsep matematika di SMP N 2 Kedungwuni, baik sebelum diterapkan model pembelajaran maupun sesudahnya dan yang kedua bagaimana keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan pemahaman siswa di SMP N 2 Kedungwuni. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman konsep matematika di SMP N 2 Kedungwuni, baik sebelum diterapkan model pembelajaran maupun sesudahnya dan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan pemahaman siswa di SMP N 2 Kedungwuni. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan pendekatan kuantitatif dengan teknik quasi eksperimen. Populasi yang digunakan adalah 264 siswa dan sempel yang digunakan 64 siswa yang dipilih menggunakan teiknik Purposivei Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T Test dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematika siswa SMP N 2 Kedungwuni kelas VIII meningkat. Dengan nilai signifikansi kelas eksperimen dan kelas kontrol 0,00 < 0,05 ini berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui “Battle of the Brains War” efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika pada siswa SMP N 2 Kedungwuni. Hasil nilai post-test untuk nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 74,87 dan kelas eksperimen yaitu 80,47. Dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui “Battle of the Brains War” lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Battle of the Brains War, Kemampuan Pemahaman Matematika | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 06:37 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 06:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11222 |
Actions (login required)
View Item |