Pengaruh Kecemasan Matematika dan Gaya Belajar terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Wonopringgo

Abdullah, Muhammad Burhanuddin (2024) Pengaruh Kecemasan Matematika dan Gaya Belajar terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620084_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2620084_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2620084_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Matematika sejak dulu telah diberi label negatif dikalangan siswa, yaitu pelajaran yang sulit, menakutkan, dan membosankan. Masalah tersebut menyebabkan minat yang dimiliki siswa dalam matematika rendah. Anggapan tersebut menimbulkan kecemasan ketika belajar matematika, kemudian siswa tidak memperhatikan gaya belajarnya. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Kecemasan Matematika dan Gaya Belajar terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Wonopringgo Pekalongan”. Rumusan masalah pada penelitian adalah apakah kecemasan matematika berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Wonopringgo?, apakah gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Wonopringgo?, apakah kecemasan matematika dan gaya belajar berpengaruh terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Wonopringgo?. Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui apakah kecemasan matematika berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Wonopringgo, untuk mengetahui apakah gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Wonopringgo, untuk mengetahui apakah kecemasan matematika dan gaya belajar siswa berpengaruh terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Wonopringgo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, kemudian sampel yang digunakan berjumlah 76 siswa, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah mencari data menggunakan teknik angket dan sejumlah dokumen. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda, uji-t (parsial), uji-F (simultan), untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan hasil analisis data kecemasan matematika memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Wonopringgo Pekalongan. Hal ini dengan hasil pengujian menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel pengaruh kecemasan matematika (X1) teruji atau ada pengaruh terhadap minat belajar (Y), pengaruhnya sebesar 45,2%. Hasil ini menunjukkan bahwa kecemasan matematika memiliki dampak negatif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data gaya belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Wonopringgo Pekalongan. Hal ini dengan hasil pengujian menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel pengaruh gaya belajar (X2) teruji atau ada pengaruh terhadap minat belajar (Y), pengaruhnya sebesar 25,5%. Hasil ini menunjukkan bahwa gaya belajar memiliki dampak positif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data secara kuantitatif, berdasarkan tabel uji-F diperoleh hasil F hitung sebesar 78,167 dengan nilai signifikansi 0,000 sedangkan nilai F tabel untuk N = 76 adalah 0,255. Maka H0 ditolak dan H1 diterima hal ini dikarenakan nilai F hitung > F tabel atau 78,167 > 0,255 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka bisa di simpulkan ada pengaruh signifikan kecemasan matematika dan gaya belajar siswa terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP islam Wonopringgo Pekalongan diterima. Dengan kata lain, variabel kecemasan matematika dan gaya belajar secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Peneliti memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan dalam menyelesaikan penelitian ini, maka sebab itu bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperhatikan kekurangan dan keterbatasan peneliti sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematika, Gaya Belajar, Minat Belajar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Nov 2024 01:09
Last Modified: 16 Dec 2024 05:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11230

Actions (login required)

View Item View Item