Studi Komparasi Kemampuan Menulis Bahasa Arab dengan Metode Imlā’ Siswa Alumni Madrasah Ibtidaiyyah dan Alumni Sekolah Dasar di MTs Salafiyah Al-Muttaqin Medono Kota Pekalongan

Hidayah, Khisnatul (2024) Studi Komparasi Kemampuan Menulis Bahasa Arab dengan Metode Imlā’ Siswa Alumni Madrasah Ibtidaiyyah dan Alumni Sekolah Dasar di MTs Salafiyah Al-Muttaqin Medono Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220001_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2220001_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah terkait kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono Kota Pekalongan. Dalam pembelajaran menulis (mahārah kitābah) biasanya menggunakan metode imlā’. Banyak faktor yang menjadi keunikan tulisan Arab yang juga menjadi kendala dalam mencapai penguasaan tersebut. Selain itu, kesulitan yang dialami oleh siswa ini disebabkan oleh perbedaan latar belakang pendidikan siswa. Terdapat siswa dari alumni Madrasah Ibtidaiyyah (MI) dan siswa alumni Sekolah Dasar (SD). Oleh karena itu peneliti terdorong untuk melakukan penelitian terkait perbandingan kemampuan menulis bahasa Arab siswa alumni MI dan alumni SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil kemampuan menulis bahasa Arab dengan metode imlā’ siswa kelas VII baik siswa alumni MI maupun alumni SD di MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono Kota Pekalongan. Selain itu juga untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis bahasa Arab dengan metode imlā’ antara siswa alumni MI dan alumni SD. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (filed research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif (quantitative research). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes imlā’ siswa. Adapun teknik analisis data berupa teknik analisis kuantitatif yang menggunakan metode analisis komparasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil tes imlā’ siswa kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin alumni MI dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 79. 2) Hasil tes k imlā’ siswa alumni SD juga mendapatkan nilai rata-rata 79. 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis bahasa Arab dengan metode imlā’ antara siswa alumni MI dengan alumni SD kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang besarnya sama antara siswa alumni MI dan alumni SD yaitu 79. Selain itu juga dibuktikan berdasarkan hasil output SPSS menggunakan Uji T-test (Independent Sample T-test) diperoleh thitung = -0,16 kurang dari ttabel = 1,661 dalam taraf signifikansi 0,05, yang berarti Ho tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis bahasa Arab dengan metode imlā’ antara siswa alumni MI dengan siswa alumni SD kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTaufiq, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Imlā’, Alumni MI, dan Alumni SD
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Nov 2024 01:00
Last Modified: 08 Nov 2024 01:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11237

Actions (login required)

View Item View Item