Setiabudi, M (2024) Efektivitas Metode Sort Card terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Materi Keberagaman di MI Gondang Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320116_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (866kB) |
|
Text
2320116_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
2320116_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi keberagaman di mata pelajaran PKN di MI Gondang Kabupaten Pekalongan. Salah satu metode yang dianggap efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode Sort Card, yang melibatkan aktivitas fisik dan interaksi langsung dalam proses pembelajaran. Dari permasalahan yang ada, peneliti melaksanakan penelitian dengan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol di MI Gondang Kabupaten Pekalongan pada mata pelajaran PKN materi keberagaman sebelum diterapkannya metode pembelajaran?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol di MI Gondang Kabupaten Pekalongan pada mata pelajaran PKN materi keberagaman sesudah diterapkannya metode pembelajaran?, dan 3) Seberapa efektifkah metode Sort Card untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKN materi keberagaman di MI Gondang Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil belajar siswa MI Gondang Kabupaten Pekalongan pada mata pelajaran PKN materi keberagaman sebelum diterapkannya metode Sort Card, sesudah diterapkannya metode Sort Card, dan efektivitas metode sord card. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research yang menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimen dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan metode Sort Card dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Sampel penelitian terdiri dari 56 siswa kelas V MI Gondang, yang dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 28 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling. Analisis data dimulai dengan uji instrument (validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan sebelum penerapan metode pembelajaran, baik kelas kontrol (VA) maupun kelas eksperimen (VB) memiliki rata-rata nilai pretest 51,43, dengan 60,7% siswa di kategori “Sangat Kurang.” Setelah penerapan, rata-rata nilai posttest kelas kontrol meningkat menjadi 60,36 (kategori “Cukup”), sedangkan kelas eksperimen mencapai 80,36 (kategori “Baik”). Hasil uji t independen pada posttest menunjukkan t hitung sebesar 5,394 dengan derajat kebebasan 54 (lebih besar dari t tabel = 2,005) dan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima, yang mengonfirmasi efektivitas metode Sort Card dalam meningkatkan pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sort Card, Hasil Belajar, PKN, Keberagaman. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 00:27 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 00:27 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11243 |
Actions (login required)
View Item |