Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mi Gondang Kabupaten Pekalongan

Zaida, Devi Anjani Safitri (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mi Gondang Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320060_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2320060_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2320060_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini diambil karena rendahnya hasil belajar siswa yang diduga disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif dan kurang relevan dengan konteks dunia nyata. Model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru sering kali tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Gondang Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang mengindikasikan perlunya inovasi dalam metode pembelajaran. PjBL merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana siswa diberikan kebebasan untuk belajar melalui proyek nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan metode ini, siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman konsep matematika secara mendalam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain nonequivalent control group desaign. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model PjBL dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes hasil belajar matematika sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan uji t-test untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model project based learning (PjBL) dengan yang diajarkan menggunakan model konvensional. Siswa yang belajar dengan model mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini membuktikan bahwa model project based learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Gondang Wonopringgo.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Project Based Learning (PjBL), hasil belajar, matematika.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:42
Last Modified: 11 Nov 2024 07:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11421

Actions (login required)

View Item View Item