Implementasi Metode Imla’ Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Siswa Kelas X Sma Hasyim Asy’ari Kota Pekalongan

Syafa'ah, Nailus (2024) Implementasi Metode Imla’ Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Siswa Kelas X Sma Hasyim Asy’ari Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220131_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2220131_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2220131_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Maharah kitabah adalah salah satu kemahiran yang kompleks. Banyak faktor yang menjadi kekhasan aspek menulis dalam bahasa Arab sekaligus menjadi problematika dalam mencapai kemahiran tersebut, seperti arah tulisan dan bentuk huruf yang berbeda dengan penulisan dalam bahasa Indonesia. Faktor-faktor tersebut menjadi probematika tersendiri bagi siswa yang mulai mempelajari bahasa Arab. Metode imla' merupakan suatu teknik pembelajaran untuk membenarkan sekaligus memperbaiki tulisan yang membutuhkan perbaikan tujuan dalam penelitian ini didasarkan pada tujuan untuk mendapatkan data-data secara empiris mengenai keefektifan penerapan metode imla' dalam menulis bahasa Arab siswa kelas X SMA Hasyim Asy'ari Kota Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode imla' dalam pembelajaran maharah kitabah siswa kelas X SMA Hasyim Asy'ari Kota Pekalongan? Dan apa saja kelebihan dan kekurangan metode imla’ dalam pembelajaran maharah kitabah siswa kelas X SMA Hasyim Asy'ari Kota Pekalongan?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode imla' dalam pembelajaran maharah kitabah siswa kelas X SMA Hasyim Asy'ari Kota Pekalongan serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode imla' dalam pembelajaran maharah kitabah siswa kelas X SMA Hasyim Asy'ari Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (fied research). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data (data reducation), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (conclution drawing). Hasil dari penelitian implementasi metode imla’ dalam pembelajaran maharah kitabah siswa kelas X SMA Hasyim Asy'ari Kota Pekalongan dapat disimpulkan bahwa tujuan dari pembelajaran imla' adalah untuk memudahkan siswa dalam mengetahui macam-macam huruf hijaiyyah serta menulis huruf hijaiyyah dengan baik dan benar. Metode yang dilakukan adalah menggunakan imla' ikhtibari, media pembelajarannya menggunakan buku tulis, sedangkan evaluasi pembelajaran imla' pada kelas X SMA Hasyim Asy'ari Kota Pekalongan ada tiga evaluasi yaitu: ulangan harian, ulangan tengah semester (UTS) dan ulangan akhir semester (UAS). Dalam pelaksanaannya, pembelajaran imla' ini berjalan dengan baik dan lancar meskipun tidak semua peserta didik kelas X menguasai pembelajarannya. Adapun kelebihan dari pembelajaran ini adalah peserta didik dapat mengetahui macam-macam huruf hijaiyyah, memudahkan peserta didik dalam menghafal huruf hijaiyyah, melatih kemampuan menulis huruf hijayyah, melatih pendengaran peserta didik, materi yang didikte guru selalu diulang-ulang agar peserta didik bisa menulis dengan baik dan benar, bisa menambah kosa kata baru. Sedangkan kekurangannya yaitu latar belakang peserta didik yang beragam, kemampuan peserta didik yang beragam, terbatasnya waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Imla', Pembelajaran Maharah Kitabah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:27
Last Modified: 11 Nov 2024 01:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11424

Actions (login required)

View Item View Item