Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Kelompok Referensi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menabung Nasabah BSI KCP Batang.

Laeli, Rohmatul (2024) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Kelompok Referensi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menabung Nasabah BSI KCP Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4220012_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (476kB)
[img] Text
4220012_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Literasi keuangan syariah, kelompok referensi dan kualitas pelayanan memiliki dampak satu sama lain dalam menentukan sebuah keputusan. Tingkat literasi keuangan yang baik akan mempengaruhi seseorang dalam mengambil sebuah keputusan keuangan yang baik. Seseorang seringkali meniru atau mencontoh orang lain sebagai model dalam menentukan sebuah keputusan pembelian. Selain itu, kualitas pelayanan juga dapat mempengaruhi seseorang, dimana kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kesan positif kepada seseorang atau nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, kelompok referensi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung nasabah BSI KCP Batang, baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Nasabah BSI KCP Batang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden dan menggunakan rumus slovin dalam menentukan jumlah sampel. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi keuangan syariah tidak berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan nilai t hitung 0,163 < 1,986 dengan tingkat signifikansi 0,817 > 0,05. Kelompok Referensi berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan nilai t hitung 4,021 > 1,986 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan nilai t hitung 8,913 > 1,986 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan literasi keuangan syariah, kelompok referensi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan menabung karena nilai F hitung 68,0693 > 2,70 dengan tingkat siginifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci: Literasi Keuangan Syariah, Kelompok Referensi dan Kualitas Pelayanan.   ABSTRACT ROHMATUL LAELI. The Influence of Sharia Financial Literacy, Reference Groups and Service Quality on Saving Decisions of BSI KCP Batang Customers. Sharia financial literacy, reference groups and service quality have an impact on each other in determining a decision. A good level of financial literacy will influence a person in making good financial decisions. Someone often imitates or imitates other people as a model in determining a purchasing decision. Apart from that, service quality can also influence a person, where good service quality will give a positive impression to a person or consumer. This research aims to determine the influence of sharia financial literacy, reference groups and service quality on BSI KCP Batang customers' savings decisions, both partially and simultaneously. This type of research is field research (Field research) with a quantitative approach. The population in this research is BSI KCP Batang customers. The data collection technique in this research was in the form of distributing questionnaires using a sample of 96 respondents and using the Slovin formula to determine the sample size. Sampling used the Purposive Sampling method. The results of this study show that sharia financial literacy has no effect on savings decisions with a t value of 0.163 < 1.986 with a significance level of 0.817 > 0.05. The Reference Group influences the decision to save with a t value of 4.021 > 1.986 with a significance level of 0.000 < 0.05. Service quality influences savings decisions with a t-value of 8.913 > 1.986 with a significance level of 0.000 < 0.05. Simultaneously, sharia financial literacy, reference groups and service quality influence savings decisions because the calculated F value is 68.0693 > 2.70 with a significance level of 0.000 < 0.05. Keywords: Sharia Financial Literacy, Reference Groups, and Service Quality.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGunawan, AdeUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah, Kelompok Referensi dan Kualitas Pelayanan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:51
Last Modified: 11 Nov 2024 02:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11428

Actions (login required)

View Item View Item