Ikhsan, M. Nasrul (2024) Implementasi Pembelajaran Mufradāt Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII SMP Sains Cahaya Alqur'an Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220112_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220112_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
2220112_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran Mufradāt (kosakata) adalah proses pembelajar bahasa Arab tidak hanya belajar arti dari kosakata yang diajarkan, tetapi juga harus mampu menggunakannya dengan tepat dalam kalimat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagaian peserta didik yang kesulitan dalam pembelajaran Mufradāt bahasa Arab dengan metode ceramah yang menurutnya kurang menarik bagi peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah: Bagaimana implementasi pembelajaran Mufradāt (kosakata) bahasa Arab pada kelas VIII SMP Sains Cahaya Alqur’an Pekalongan, Bagaimana faktor penghambat pembelajaran Mufradāt (kosakata) pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP Sains Cahaya Alqur’an. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini bersifat deskriptif. Peneliti melakukan fokus penelitian lapangan (field resech). Sumber data primer pada penelitian ini ialah guru bahasa Arab kelas VIII dan siswa kelas VIII atau sumber data sekunder lainnya dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diambil dari triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran menyesuaikan dari kurikulum yang ada. Pada sekolah SMP Sains Cahaya menggunakan kurikulum merdeka karena bertumpu kepada kemampuan siswa siswi melihat sekarang yang lebih suka visual atau media terkadang diberikan terkait visual media yang ada di lingkungan sekolah. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan Inkuiri (Inquiry-Based Learning): Model pembelajaran ini melibatkan proses penyelidikan atau eksplorasi oleh siswa untuk menemukan Mufradāt di lingkungan sekolah. Melalui metode inkuiri, siswa dilatih untuk aktif bertanya, meneliti, dan memproses informasi secara mandiri. Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah sarana prasarana dan kurikulum merdeka sedangkan faktor penghambat dalam penelitian ini adalah peserta didik yang lebih tertarik pembelajaran bahasa inggris daripada bahasa Arab dan minat kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Mufradāt, Pembelajaran, Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:19 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11473 |
Actions (login required)
View Item |