Pengaruh Online Customer Review Dan Sistem Pembayaran Cash On Delivery (COD) Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Strategi Pemasaran Sebagai Variabel Moderasi Pada TikTok Shop (Studi Kasus Konsumen Muslim Pengguna TikTok Shop X Tokopedia di Kabupaten Pekalongan)

Maulana, Adinda Risqiana Dewi (2024) Pengaruh Online Customer Review Dan Sistem Pembayaran Cash On Delivery (COD) Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Strategi Pemasaran Sebagai Variabel Moderasi Pada TikTok Shop (Studi Kasus Konsumen Muslim Pengguna TikTok Shop X Tokopedia di Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4120149_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4120149_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4120149_lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ADINDA RISQIANA DEWI MAULANA, Pengaruh Online Customer Review Dan Sistem Pembayaran Cash On Delivery (COD) Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Strategi Pemasaran Sebagai Variabel Moderasi Pada TikTok Shop X Tokopedia (Studi Kasus Konsumen Muslim Pengguna TikTok Shop X Tokopedia di Kabupaten Pekalongan) Dalam era digital yang terus berkembang, perilaku konsumen mengalami perubahan signifikan, terutama pada platform media sosial seperti TikTok di Indonesia. Akses tak terbatas pada informasi memungkinkan konsumen melakukan riset mendalam sebelum melakukan pembelian, membandingkan harga dan fitur produk, serta membaca ulasan dari pengguna lain. TikTok, yang awalnya diluncurkan sebagai platform berbagi video, kini menyediakan fitur TikTok Shop X Tokopedia yang memungkinkan transaksi jual-beli secara langsung. Dengan adanya fitur ini, bisnis dapat menjangkau konsumen lebih luas tanpa memerlukan kehadiran fisik yang besar. Keberadaan ulasan pelanggan secara online dan sistem pembayaran Cash On Delivery (COD) menjadi faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam lingkungan e-commerce yang semakin kompetitif ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset lapangan yang dilaksanakan di Kabupaten Pekalongan. Populasi penelitian adalah masyarakat Muslim yang menggunakan aplikasi TikTok dan telah melakukan pembelian di TikTok Shop X Tokopedia minimal dua kali. Sampel penelitian ditentukan menggunakan rumus Lemeshow, menghasilkan 100 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang menggunakan skala Likert, observasi langsung, dan wawancara untuk melengkapi data yang diperlukan. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 26, untuk melihat pengaruh Online Customer Review dan sistem pembayaran COD terhadap keputusan pembelian, serta peran strategi pemasaran sebagai variabel moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Customer Review dan sistem pembayaran COD masing-masing memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, strategi pemasaran terbukti mampu memoderasi pengaruh kedua variabel tersebut terhadap keputusan pembelian. Online Customer Review yang positif meningkatkan keputusan pembelian dengan strategi pemasaran yang efektif sebagai moderasi. Demikian pula, sistem pembayaran COD yang dipercaya konsumen menunjukkan pengaruh lebih kuat pada keputusan pembelian ketika didukung oleh strategi pemasaran yang baik. Dengan demikian, bisnis di TikTok Shop X Tokopedia harus memperhatikan ulasan pelanggan dan metode pembayaran yang mereka tawarkan, serta mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kepercayaan dan keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAwali, HusniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Online Customer Review, Sistem Pembayaran Cash On Delivery (COD), Keputusan Pembelian, Strategi Pemasaran, TikTok Shop X Tokopedia
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:42
Last Modified: 11 Nov 2024 07:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item View Item