Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Terhadap Minat Belajar Pada Mata Kuliah Statistik Mahasiswa Pai Uin K.H. Abdurrahman Wahid Angkatan 2021

Sifa, Nabilla (2024) Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Terhadap Minat Belajar Pada Mata Kuliah Statistik Mahasiswa Pai Uin K.H. Abdurrahman Wahid Angkatan 2021. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121072_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121072_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2121072_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi, gaya mengajar dosen merupakan salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi minat belajar mahasiswa. Gaya mengajar yang tepat mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan. Dalam konteks pendidikan, minat belajar merupakan faktor penting yang dapat menentukan keberhasilan akademik mahasiswa. Gaya mengajar yang diterapkan oleh dosen memiliki peran krusial dalam membentuk minat tersebut, terutama pada mata kuliah yang sering dianggap sulit seperti Statistik. Dengan beragamnya pendekatan pengajaran, termasuk penggunaan teknologi, metode diskusi, dan pendekatan praktis, diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan mempermudah pemahaman konsep-konsep statistik yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara gaya mengajar dosen dan tingkat minat belajar mahasiswa, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan akademik. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah, di antaranya adalah: (1) Bagaimana gaya mengajar dosen terhadap minat belajar pada mata kuliah Statistik mahasiswa PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid angkatan 2021? (2) Bagaimana minat belajar pada mata kuliah Statistik mahasiswa PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid? Serta yang ketiga, Bagaimana pengaruh gaya mengajar dosen terhadap minat belajar Statistik mahasiswa PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya mengajar dosen terhadap minat belajar mahasiwa PAI 2024. Pada tujuan selanjutnya untuk mengetahui minat belajar Statistik mahasiswa PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Lalu pada tujuan terakhir adalah mengetahui pengaruh gaya mengajar dosen, ter hadap minat belajar mata kuliah Statistik mahasiswa PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid angkatan 2021. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden. Penelitan ini menggunakan jenis pendekatan field research (penelitian lapangan). Ditinjau dari sifat permasalahan yang diteliti,

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutho'in, Mutho'inUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar Dosen, Perkuliahan Statistik, Minat Belajar Mahasiswa.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Nov 2024 02:36
Last Modified: 12 Nov 2024 02:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11542

Actions (login required)

View Item View Item