Kumalasari, Novi (2024) Peran Himpunan Mahasiswa Program Studi (Hmps) Pai Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Di Mushola Nurul Hidayah Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120220_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120220_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2120220_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Novi Kumalasari. 2024. Peran Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di Mushola Nurul Hidayah Bojong Kabupaten Pekalongan, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Abdul Mukhlis, M.Pd. Kata kunci : BTQ, Kualitas membaca, Al-Qur’an, Manula. . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas membaca AlQur’an, karena baik dan benarnya membaca Al-Qur’an merupakan salah satu syarat kesempurnaan suatu ibadah. Dalam hal ini alasan HMPS PAI mengadakan program BTQ karena melihat di Mushola Nurul Hidayah tersebut masyarakat sudah bisa membaca akan tetapi belum lancar. Beberapa masih mengalami kesulitan dalam menyesuaikan panjang pendeknya huruf dan kurang menerapkan tajwid. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimana peran HMPS PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di Mushola Nurul Hidayah Bojong Kabupaten Pekalongan? Bagaimana hambatan dan dukungan yang dihadapi BTQ HMPS PAI dalam meningkatkan kualitas membaca AlQur’an di Mushola Nurul Hidayah Bojong Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini agar pembaca mengetahui tentang peran HMPS PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data penulisannya menggunakan data primer dari HMPS PAI, Mushola Nurul Hidayah. Data sekundernya seperti jurnal dan referensi buku. Teknik pengumpulan datanya: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisisnya dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BTQ HMPS PAI yang telah berjalan selama ini mampu meningkatkan kualitas membaca AlQur’an, serta menunjukkan bahwa kelancaran membaca Al-Qur’an lebih baik daripada sebelum mengikuti kegiatan Program BTQ tersebut. Hal ini ditandai melalui indikator dalam membaca Al-Qur’an yaitu jamaah sudah belajar membaca dengan tartil, tidak tergesa-gesa, ketepatan tajwidnya, dan juga kefasihan dalam membaca. Hambatan dan dukungannya: (1) faktor penghambat: manajemen waktu, faktor cuaca, adanya perbedaan karakteristik individu masyarakat, (2) Faktor pendukung: mendapat dukungan dari ketua takmir dan masyarakat, alokasi waktu pengajaran, dan adanya sarpras yang mendukung program tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | BTQ, Kualitas membaca, Al-Qur’an, Manula. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 08:02 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 08:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11549 |
Actions (login required)
View Item |