Zarqoni, M. (2024) Analisis Korelasi Antara Penggunaan Canva Dan Minat Belajarterhadap Prestasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk N 1 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover _Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Peningkatan prestasi siswa merupakan tanggung jawab guru dalam proses pembelajaran. Di era digital, pendidikan menghadapi tantangan yang semakin rumit, terutama dalam hal menjaga motivasi dan minat siswa. Banyak siswa merasa kurang tertarik dengan metode pembelajaran tradisional yang cenderung monoton dan berbasis hafalan, sehingga berdampak pada pemahaman dan prestasi belajar yang kurang optimal. Minimnya inovasi dalam media pembelajaran turut berkontribusi terhadap rendahnya partisipasi siswa dalam proses belajar. Untuk itu, diperlukan media yang efektif untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan Canva berpengaruh terhadap prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Batang? Apakah minat belajar berpengaruh terhadap prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Batang? Apakah penggunaan Canva dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Batang secara bersamaan? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk menganalisis pengaruh penggunaan Canva terhadap prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Batang, untuk menganalisis pengaruh minat belajar terhadap prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Batang, dan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Canva dan minat belajar terhadap prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Batang. Manfaat penelitian ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pengaruh penggunaan Canva dan minat belajar terhadap prestasi siswa di SMK N 1 Batang Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva secara signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung sebesar 3,159 dan signifikansi 0,002. Minat belajar juga memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi dengan nilai thitung sebesar 3,214 dan signifikansi 0,002. Secara simultan, penggunaan Canva dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dengan nilai Fhitung sebesar 11,991 dan signifikansi 0,000. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,226 menunjukkan bahwa 22,6% variasi prestasi belajar dapat dijelaskan oleh penggunaan Canva dan minat belajar, sementara 77,4% dipengaruhi faktor lain. Hasil ini memperkuat pentingnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan motivasi siswa dalam meningkatkan prestasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Canva, Minat Belajar, Prestasi, Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:53 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:53 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11561 |
Actions (login required)
View Item |