Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Dan Heyzine Flipbook Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas X.1 Man 1 Kota Pekalongan

Rizqiyana, Arina Zulfa (2024) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Dan Heyzine Flipbook Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas X.1 Man 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220020_Bab I dan Bab V.Pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220020_Full Text.pdf (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2220020_Lampiran.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kesulitan yang dihadapi guru MAN 1 Pekalongan dalam mengajar bahasa Arab terletak pada perbedaan latar belakang pendidikan sebelumnya. Perkembangan teknologi yang maju, mendorong kreatifitas guru dalam menyampaikan materi. Melalui aplikasi canva dan heyzine flipbook pengembangan e-modul interaktif menjadi solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa. E- Modul interaktif merupakan modul pembelajaran bahasa Arab yang terdapat beberapa aspek baik audio, visual, maupun kinestetik sehingga dapat mendukung pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengembangan e-modul interaktif berbasis aplikasi canva dan heyzine flipbook untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X.1 MAN 1 Kota Pekalongan. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media e-modul interaktif berbasis aplikasi canva dan heyzine flipbook untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X.1 MAN 1 Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yakni: Analisis (Analysis), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: observasi, wawancara, dan angket. Media pembelajaran yang dikembangkan dinilai kelayakan media oleh ahli media, ahli materi, siswa kelas X.1 MAN 1 Kota Pekalongan dan guru bahasa Arab berdasarkan uji validasi media dan hasil angket respon. Hasil penelitian uji kelayakan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis aplikasi canva dan heyzine flipbook berdasarkan penilaian: (1) penilaian validasi oleh ahli media sebesar 95,83% dengan kategori sangat layak, (2) penilaian validasi oleh ahli materi sebesar 94,44% dengan kategori sangat layak, (3) penilaian hasil angket respon siswa kelas X.1 MAN 1 Kota Pekalongan dengan rata-rata sebesar 94,1% dengan kategori sangat layak, (4) penilaian hasil angket respon guru dengan rata-rata sebesar 94,16% dengan kategori sangat layak. Adapun penilaian tingkat keefektifan penggunaan media e-modul interaktif berbasis aplikasi canva dan heyzine flipbook dalam meningkatkan minat siswa pada pembelajaran bahasa Arab diperoleh hasil n-gain score sebesar 0,6642 dengan persentase 66%. Hal tersebut menunjukkan penggunaan e-modul interaktif berbasis aplikasi canva dan heyzine flipbook cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab di kelas X.1 MAN 1 Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, Muhamad197501120091211002-
Uncontrolled Keywords: E-Modul Interaktif, Canva, Heyzine Flipbook, Minat Belajar
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Nov 2024 03:14
Last Modified: 12 Nov 2024 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11614

Actions (login required)

View Item View Item