Rizqiyana, Arina Zulfa (2024) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Dan Heyzine Flipbook Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas X.1 Man 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220020_Bab I dan Bab V.Pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220020_Full Text.pdf (1).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2220020_Lampiran.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kesulitan yang dihadapi guru MAN 1 Pekalongan dalam mengajar bahasa Arab terletak pada perbedaan latar belakang pendidikan sebelumnya. Perkembangan teknologi yang maju, mendorong kreatifitas guru dalam menyampaikan materi. Melalui aplikasi canva dan heyzine flipbook pengembangan e-modul interaktif menjadi solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa. E- Modul interaktif merupakan modul pembelajaran bahasa Arab yang terdapat beberapa aspek baik audio, visual, maupun kinestetik sehingga dapat mendukung pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengembangan e-modul interaktif berbasis aplikasi canva dan heyzine flipbook untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X.1 MAN 1 Kota Pekalongan. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media e-modul interaktif berbasis aplikasi canva dan heyzine flipbook untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X.1 MAN 1 Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yakni: Analisis (Analysis), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: observasi, wawancara, dan angket. Media pembelajaran yang dikembangkan dinilai kelayakan media oleh ahli media, ahli materi, siswa kelas X.1 MAN 1 Kota Pekalongan dan guru bahasa Arab berdasarkan uji validasi media dan hasil angket respon. Hasil penelitian uji kelayakan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis aplikasi canva dan heyzine flipbook berdasarkan penilaian: (1) penilaian validasi oleh ahli media sebesar 95,83% dengan kategori sangat layak, (2) penilaian validasi oleh ahli materi sebesar 94,44% dengan kategori sangat layak, (3) penilaian hasil angket respon siswa kelas X.1 MAN 1 Kota Pekalongan dengan rata-rata sebesar 94,1% dengan kategori sangat layak, (4) penilaian hasil angket respon guru dengan rata-rata sebesar 94,16% dengan kategori sangat layak. Adapun penilaian tingkat keefektifan penggunaan media e-modul interaktif berbasis aplikasi canva dan heyzine flipbook dalam meningkatkan minat siswa pada pembelajaran bahasa Arab diperoleh hasil n-gain score sebesar 0,6642 dengan persentase 66%. Hal tersebut menunjukkan penggunaan e-modul interaktif berbasis aplikasi canva dan heyzine flipbook cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab di kelas X.1 MAN 1 Kota Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | E-Modul Interaktif, Canva, Heyzine Flipbook, Minat Belajar | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:14 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11614 |
Actions (login required)
View Item |