Pengaruh Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan dan Pengalaman Terhadap Kepuasan Anggota (Studi Kasus pada Anggota Pembiayaan Murabahah di KSPPS Binama Cabang Batang).

Khasanah, Lisa Nur (2024) Pengaruh Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan dan Pengalaman Terhadap Kepuasan Anggota (Studi Kasus pada Anggota Pembiayaan Murabahah di KSPPS Binama Cabang Batang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4220019_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4220019_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4220019_LAMPIRAN.pdf

Download (954kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh relationship marketing, kualitas pelayanan, dan pengalaman terhadap kepuasan anggota pada KSPPS Binama Cabang Batang, khususnya dalam pembiayaan murabahah. Relationship marketing berfokus pada upaya menjaga hubungan jangka panjang dengan anggota, sementara kualitas pelayanan melibatkan keandalan, responsivitas, dan empati yang diberikan kepada anggota. Pengalaman anggota dalam proses pembiayaan juga memainkan peran penting dalam membentuk persepsi mereka terhadap layanan yang diberikan. Jenis penelitian ini yaitu asosiatif atau hubungan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitia ini adalah anggota Pembiayaan Murabahah di KSPPS Binama Cabang Batang sebanyak 1.115 dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling yang dimana teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner pada responden. Adapun data yang sudah terkumpul di analisis menggunakan SPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Relationship Marketing (X1) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Anggota (Y) dimana t hitung -0,618 < t tabel 1,661 dan nilai sigifikan 0,538 > 0,05, variabel Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Anggota (Y) dimana t hitung 5,076 > t tabel 1,661 dan nilai sigifikan 0,000 < 0,05, variabel Pengalaman (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Anggota (Y) dimana t hitung 2,437 > t tabel 1,661 dan nilai sigifikan 0,017 < 0,05. Secara simultan, Relationship Marketing, Kualitas pelayanan dan Pengalaman pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Anggota dimana F hitung 8,872 > F tabel 2,47 dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPratama, Versiandika YudhaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan, Pengalaman dan Kepuasan Anggota
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 12 Nov 2024 06:56
Last Modified: 12 Nov 2024 06:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11628

Actions (login required)

View Item View Item