Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas V Di Mi Islamiyah Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan

Nisa, Khoirun (2024) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas V Di Mi Islamiyah Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320091_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320091_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2320091_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang tidak memperhatikan pelajaran ketika proses pembelajaran berlangsung ketika masih menggunakan model pembelajaran ceramah. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan model pembelajaran lain. Salah satunya yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together. Model pembelajaran ini berfokus pada siswa, sehingga meningkatkan partisipasi aktif siswa, mengembangkan keterampilan sosial, tanggung jawab serta komunikasi siswa melalui kegiatan diskusi secara berkelompok dan menjadikan siswa lebih fokus selama pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together pada mata pelajaran Fiqih di MI Islamiyah Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together pada mata pelajaran Fiqih di MI Islamiyah Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perencanaan pembelajaran yang matang proses pembelajaran dapat berjalan dengan aktif dan efektif, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, mengembangkan keterampilan sosial, tanggung jawab serta komunikasi siswa melalui kegiatan diskusi secara berkelompok, dan penggunaan evaluasi yang mencakup aspek kognitif, afektif serta psikomotorik dapat menunjukkan bahwa perkembangan siswa terpantau dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Kooperatif, Learning Together
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:09
Last Modified: 13 Nov 2024 03:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11630

Actions (login required)

View Item View Item