Rohmah, Rizka Alifia (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbantuan Media Smart Tv Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Mi Islamiyyah Pringlangu 02 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320134_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2320134_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2320134_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Rizka Alfia Rohmah. 2024. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Smart TV Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 MI Islamiyyah Pringlangu 02 Pekalongan. Pembimbing: Fatmawati Nur Hasanah, M.Pd Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai dari berbagai bidang. Jika dari fase terendah para siswa memiliki kemampuan membaca yang kurang, maka pada fase selanjutnya siswa akan kesulitan mengikuti pembelajaran. Apabila seorang siswa tidak memiliki kemampuan membaca yang memadai, itu dapat menghambat kemampuannya untuk belajar dan berkembang secara optimal di berbagai bidang studi. Karena membaca merupakan keterampilan dasar yang diperlukan untuk memahami teks-teks pelajaran, buku, dan materi pembelajaran lainnya. Untuk menarik perhatian siswa dibutuhkan model serta media pembelajaran yang menarik. Salah satu model serta media yang dapat digunakan adalah model pembelajaran CIRC berbantuan media Smart TV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media Smart TV terhadap kemampuan membaca siswa pada kelas 2 di MI Islamiyyah Pringlangu 02 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian one group pretest-postest design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 24 siswa dari populasi sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif dan statisik inferensial menggunakan uji t (Paired Sample T Test) dengan bantuan SPSS. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t variabel independen model pembelajaran CIRC terhadap variabel dependen kemampuan membaca memperoleh nilai signifikansi sebanyak 0,001. Dari hasil tersebut telah memenuhi kriteria signifikasi yaitu < 0,05 maka H0 ditolak, H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan Smart TV terhadap kemampuan membaca siswa. Selain itu berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh nilai rata-rata pre-test 64,4167 dan post-test 71,4167. Artinya telah terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa setelah mendapatkan perlakuan berupa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Smart TV. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Smart TV berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca siswa kelas 2 MI Islamiyyah Pringlangu 02 Pekalongan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model CIRC, Smart TV, Kemampuan Membaca | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 07:37 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 07:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11639 |
Actions (login required)
View Item |