Utama, Ahmad Pijar (2024) Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Minat Membaca Buku Di Kelas Vi Sd Muhammadiyyah 01 Kuripan Kidul Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320145_Bab 1 dab Bab V .pdf Download (2MB) |
|
Text
2320145_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text
2320145_Lampiran-1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Utama, Ahmad Pijar, 2024. Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Minat Membaca Buku Di Kelas VI SD Muhammadiyyah 01 Kuripan Kidul Pekalongan. Skripsi ini Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Univeritas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Abdul Mukhlis, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan gawai yang memiliki dampak signifikan terhadap minat membaca, baik positif maupun negatif, tergantung pada bagaimana gawai tersebut digunakan. Gawai sangat berpengaruh terhadap minat membaca karena kemampuannya yang luas dalam menyediakan berbagai bentuk hiburan, informasi, dan komunikasi dengan cara yang cepat, mudah, dan interaktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan gawai siswa di SD Muhammadiyyah 01 Kuripan Kidul Pekalongan. (2) Untuk mengetahui minat baca siswa di SD Muhammadiyah 01 Kuripan Kidul Pekalongan. (3) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh gawai terhadap minat baca siswa di SD Muhammadiyah 01 Kuripan Kidul Pekalongan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, yang menggunakan model penelitian yang bersifat expost facto. Karena peneliti hanya berhubungan dengan variabel yang telah terjadi dan tidak perlu memperlakukan variabel yang diteliti, maka penelitian ini disebut sebagai penelitian expost facto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan gawai (X) di SD Muhammadiyyah 01 Kuripan Kidul Kota Pekalongan berdasarkan hasil pengolahan data dari 14 item pernyataan terhadap 30 responden maka diperoleh nilai 61.8. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat tinggi karena melebihi nilai > 56. (2) Minat membaca siswa (Y) di SD Muhammadiyyah 01 Kuripan Kidul Kota Pekalongan berdasarkan hasil pengolahan data dari 10 item pernyataan terhadap 30 responden maka diperoleh nilai 42.23. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat tinggi karena melebihi nilai > 40. (3) Pengaruh penggunan gawai (X) terhadap minat baca siswa (Y) di SD Muhammadiyyah 01 Kuripan Kidul Kota Pekalongan, hasil dari uji normalitas diketahui nilai signifikan 0,06364>0,05, disimpulkan nilai signifikan normal. Berdasakan uji korelasi menunjukkan bahwa nilai korelasi person sebesar 0,453 dan berada pada interval 0,40-0,599 disimpukan bahwa pengaruh sedang. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana dapat disimpulkan bahwa dengan meningkatnya penggunaan gawai maka minat baca siswa juga meningkat. (3) hasil uji parsial T thitung sebesar 2.692 sementara ttabel sebesar 1,645 dengan taraf signitifikasi sebesar 0,001. Tingkat signifikasi sebesar 0,0118 yang lebih kecil dari 0,050 maka signifikan dan H1 diterima. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,2056 dan nilai KD sebesar 20,56% hal ini berarti penggunaan gawai memiliki pengaruh sebesar 20,56% terhadap minat baca siswa. Jadi, penggunaan gawai memiliki pengaruh terhadap minat baca siswa sebesar 20,56%% sedangkan sisanya 79,44% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Minat Baca, Penggunaan Gawai | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 06:36 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 06:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11645 |
Actions (login required)
View Item |