Yulianti, Chusni Dwi (2024) Profil Pelajar Pancasila Dalam Pengembangan Kreativitas Melalui Project Based Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas Xi Sma Negeri 2 Pekalongan. Masters thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
50222030_COVER_BAB 1_BAB 7_DP_B5.pdf Download (15MB) |
|
Text
50222030_FULL TEXT_B5.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
|
Text
50222030_LAMPIRAN_B5.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Profil Pelajar Pancasila adalah profil karakter dan kompetensi global yang dimiliki peserta didik untuk menguatkan nilai luhur Pancasila, dengan enam ciri berikut: beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila dalam Pengembangan Kretivitas Melalui Project Based Learning Pada Pembelajaran Pendidian Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI SMA Negeri 2 Pekalongan? . Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila dalam Pengembangan Kretivitas Melalui Project Based Learning Pada Pembelajaran Pendidian Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI SMA Negeri 2 Pekalongan. Tujuan penelitian adalah : untuk membantu pembaca agar lebih fokus, lebih memperhatikan detail, dan menghindari membuat asumsi yang dapat mengarah pada kesimpulan yang kurang baik.. Kegunaan penelitian ini adalah : Penelitian ini dapat dijadikan sumbangsih pengembangan ilmu pengetahuan, terutama pemahaman tentang profil pelajar pancasila di lingkungan sekolah menengah atas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui : wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu Kondensasi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan: 1. Pelaksanaan profil pelajar pancasila dalam pengembangan kreativitas melalui projetc based lerning pada pembelajaran pendidikan agama islam, perencanaan modul ajar, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, media dan metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran pengembangan kreativitas. Dari kegiatan project penguatan profil pelajar pancasila dengan tema suara demokrasi siswa bisa mengembangan kreativitas mereka dengan didampingi oleh guru. 2. faktor pendukung dalam pelaksanaan yaitu, kerjasama antar guru, kerjasama dengan orang tua, kerjasama dengan pihak luar (KPU dan Dinas Sosial), kektifan siswa. Sedangkan bebrapa hambatannya yaitu, mis konsepsi, miskomunikasi, kerusakan surat suara, tidak ketersedianya aula pertemun dan non teknis terkendala cuaca.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Project Based Learning, Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 07:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 07:28 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11650 |
Actions (login required)
View Item |