Aini, Itsna Nuning Nur (2024) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Karakter Siswa di MTs Al Fatah Talun. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120199_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (842kB) |
|
Text
2120199_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
2120199_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Aini, Itsna Nuning Nur’. 2024. “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Karakter Siswa di MTs Al Fatah Talun”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Muhammad Jaeni M.Pd, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, Karakter, Siswa. Peran guru sangat penting dalam meningkatkan karakter dan perilaku siswa. Guru agama, khususnya, memiliki tanggung jawab besar dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral pada siswa sejak dini. Pendidikan agama merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan karakter siswa di MTs Al Fatah Talun. 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung pada peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan karakter siswa di MTs Al Fatah Talun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan karakter siswa serta faktor pendukung dan penghambat peran guru akidah akhlak dalam membina karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian lapangan. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sumber data skunder. Untuk teknik analisa data, peneliti menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengenai peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan karakter siswa, yang terdiri dari guru akidah akhlak sebagai pembimbing, guru akidah akhlak sebagai pengelola kelas, guru akidah akhlak sebagai demonstrator, guru akidah akhlak sebagai motivator, dan guru akidah akhlak sebagai fasilitator. dalam menjalankan peran ini guru harus bisa memberi pemahaman moral (moral knowing), mendukung perasaan moral (moral feeling) pada siswa, kemudian guru harus membiasakan tindakan moral (moral action) pada siswa, hal ini tentu bertujuan untuk mneingkatkan moral dan karakter siswa. Dalam proses pembinaan ini juga terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Di dalam faktor pendukung di bagi menjadi dua yakni dari segi faktor internal maupun eksternal. Di dalam faktor internal dibagi lagi menjadi dua yakni adanya peran orang tua dan motivasi diri sendiri, selanjutnya faktor eksternal di bagi menjadi dua yakni adanya peran dari guru dan lingkungan sosial. Pada faktor penghambat juga di bagi menjadi dua yakni faktor internal dan faktor eksternal, faktor internalnya terbagi lagi menjadi dua yakni dari diri sendiri dan orang tua, kemudian faktor ekternal juga di bagi menjadi dua yakni pengaruh lingkungan sosial dan penggunaan teknologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Akidah Akhlak, Karakter, Siswa. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 08:06 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 08:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11652 |
Actions (login required)
View Item |