Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sd Negeri Salit Kecamatan Kajen

Anggreini, Nadia Putri (2024) Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sd Negeri Salit Kecamatan Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121100_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121100_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2121100_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nadia Putri Anggreini. 2024. Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri Salit Kecamatan Kajen. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Sopiah, M.Ag. Kata Kunci: Pengaruh, Kecerdasan Spiritual, Prestasi Belajar Skripsi ini berjudul Pengaruh Kecrdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri Salit Kecamatan Kajen. Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi memecahkan persoalan dan dapat membuat jalan hidup seseorang itu lebih bermakna. Sehingga seseorang yang mempunyai kecerdasan spiritual dapat menguraikan dengan cermat setiap kejadian yang terjadi dalam hidupnya karena memiliki keakraban yang tinggi dengan dirinya dan memahami bahwa diantara dirinya dan hatinya terdapat Allah SWT yang pada umumnya berkeyakinan bahwa Allah SWT senantiasa mengawasi setiap perbuatan yang dilakukannya. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh siswa selama pembelajaran di kelas dalam bentuk nilai rapot. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah (1)Bagaimana kecerdasan spritual siswa di SD Negeri Salit kecamatan Kajen? (2)Bagaimana prestasi belajar siswa di SD Negeri Salit kecamatan Kajen? (3) Bagaimana pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Salit kecamatan Kajen? Dalam penelitian ini metode yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pendekatan kuantitatif menitikberatkan analisisnya pada data numerik yang diolah menggunakan metode statistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi teknik analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linieritas, dan analisis regresi sederhana), dan uji hipotesis ( uji koefisien determinasi). Hasil penelitian ini adalah kecerdasan spiritual di SD Negeri Salit kecamatan Kajen diperoleh mayoritas responden memiliki kecerdasan spiritual dengan kategori sedang sebanyak 24 orang atau 61,5%. Sedangkan sisanya sebanyak 7 orang atau 17,9% memiliki kecerdasan spiritual dengan kategori rendah. Adapun untuk kecerdasan spiritual dengan kategori tinggi sebanyak 8 orang atau 20,5%. Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri Salit kecamatan Kajen diperoleh mayoritas responden memiliki prestasi belajar siswa dengan kategori sedang sebanyak 28 orang atau 71,8%. Sedangkan sisanya sebanyak 6 orang atau 15,4% memiliki prestasi belajar dengan kategori rendah dan sebanyak 5 orang atau 12,8% memiliki prestasi belajar dengan kategori tinggi. Sehingga kecerdasan spiritual berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Salit kecamatan Kajen. Kecerdasan spiritual memepengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 25,1% sedangkan sisanya 74,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kecerdasan Spiritual, Prestasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Dec 2024 01:15
Last Modified: 05 Dec 2024 01:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11792

Actions (login required)

View Item View Item