Damara, Nanda Doni (2024) Implementasi program sarapan pagi dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SD Muhammadiyah Tanjungkulon Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2121298_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2121298_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2121298_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Program sarapan pagi merupakan program yang dilakukan dalam upaya peningkatan minat belajar siswa. Di SD Muhammadiyah Tanjungkulon Kajen sebagian besar siswa kurang menyukai pembelajaran pendidikan agama Islam, hal tersebut berpengaruh pada rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam, dalam hal ini perlu adanya penggunaan pembelajaran yang menarik serta mampu meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam , sehingga dalam proses belajar siswa tidak merasa bosan dan semangat dalam belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implemetasi program sarapan pagi dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah Tanjungkulon Kajen Kabupaten Pekalongan serta untuk mendeskripsikan apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan program tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implemetasi program sarapan pagi di SD Muhammadiyah Tanjungkulon Kajen Kabupaten Pekalongan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hal ini dilihat dari siswa memberikan respon baik dan antusias dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Dalam implementasinya terdapat beberapa tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun kelebihannya yaitu peningkatan pemahaman materi, pembiasaan disiplin, membangun motivasi dan meningkatkan minat belajar serta penilaian formatif harian. Sedangkan kekurangannya yaitu keterlambatan siswa, keterbatasan waktu pagi serta beban guru dalam menyiapkan soal harian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Program Sarapan Pagi, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2024 04:01 | ||||||||
Last Modified: | 09 Dec 2024 04:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11799 |
Actions (login required)
View Item |