Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Studi Kasus Di SD Negeri 01 Wuluh

Susilawati, Rossy (2024) Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Studi Kasus Di SD Negeri 01 Wuluh. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120123_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120123_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2120123_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Profesionalitas guru merujuk pada kemampuan, kompetensi, dan sikap yang dimiliki oleh seorang pendidik dalam menjalankan tugasnya dengan standar yang tinggi. Seorang profesionalitas guru pendidikan agama Islam adalah pendidik yang memiliki kompetensi tinggi dalam mengajarkan ilmu agama islam dengan cara yang efektif, bermoral, dan sesuai dengan nilai-nilai islam. jadi bagaimana profesionalitas guru pendidikan agama Islam mempengaruhi proses pembentukan karakter religius peserta didik. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak hanya bertanggung jawab dalam mengajarkan pengetahuan agama saja, tetapi juga menjadi teladan bagi pesert didik melalui pembiasaan religius yang nantinya akan diterapkan dikehidupan sehari-hari, seperti sholat berjama’ah, berdo’a, menanamkan sifat tolong menolong, serta praktik keagamaan lainnya. Metode yang digunakan oleh guru saat proses pmbelajaranpun sangat berpengaruh untuk keaktifan peserta didik. Memilih metode yang tepat saat pembelajaran agar peserta didik tidak bosan dan mudah memahami materi yang diajarkan. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana karakter religius peserta didik dan peran pofesionalitas guru pendidikan agama Islam di SD Negeri 01 Wuluh. Adapun tujuan dari penlitian ini yaitu untuk bisa memahami karakter religius peserta didik di SD Negeri 01 Wuluh serta Memahami peran profesionalitas guru pendidikan agama Islam di SD Negeri 01 Wuluh. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengambil tempat di SD Negeri 01 Wuluh. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalitas guru pendidikan agama Islam sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter religius peserta didik. Guru yang kompeten dapat menjadi teladan dan sumber inspirasi bagi siswa. Kemudian bagaimana guru merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pengajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu dengan merencanakan dan menerapkan metode yang efektif untuk membentuk kepribadian dan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai agama yang diajarkan, terutama dalam membentuk karakter religius siswa. Melalui metode dan pembiasaan – pembiasaan yang di ajarkan guru kepada siswa juga sudah diterapkan dengan baik di SD Negeri 01 Wuluh contohnya seperti saat sudah tiba waktu sholat dhuhur siswa langsung menuju ke masjid kemudian salah satu siswa akan mengumandangkan adzan dan saat pembacaan asmaul husna setiap hari selasa murid sudah duduk dengan rapih didalam kelas. Pembiasaan ini dibangun secara konsisten dengan dukungan seluruh guru, kepala sekolah, dan keterlibatan orang tua. Hasilnya, peserta didik tidak hanya taat beragama, tetapi juga menunjukkan perilaku positif seperti jujur, disiplin, ikhlas, bertanggung jawab, tolong menolong dan peduli terhadap lingkungan. Dengan pembiasaan tersebut dapat membentuk karakter religius peserta didik semakin baik seiring berjalannya waktu. Jadi, profesionalitas guru pendidikan agama Islam berpengaruh dalam proses pembentukan karakter religius peserta didik dengan menggunakan ketrampilan, kemampuan dan kompetensi yang tepat dalam memilih metode yang digunakan saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Dec 2024 06:06
Last Modified: 18 Dec 2024 06:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11957

Actions (login required)

View Item View Item