Ardiani, Wahyu Pratiwi (2024) Efektifitas Bimbingan Belajar Untuk Siswa Yang Masih Sulit Baca Al-Quran di SDN Karangasem 03 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120293_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2120293_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2120293_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Efektifitas Bimbingan Membaca Al-Qur’an Untuk Siswa di SDN Karangasem 03 Batang. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa seorang pendidik tidak hanya harus memilih metode dengan baik, namun juga harus memperhatikan cara penerapan metode tersebut. Sebab meskipun metode pembelajaran yang dipilih sudah tepat, namun jika penerapan metodenya tidak tepat, maka yang terjadi adalah terciptanya suasana belajar yang kurang nyaman dan suasana pembelajaran menjadi kurang menyenangkan sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Salah satu metode pembelajaran yang dianggap efektif dalam mengatasi masalah kesulitan membaca Al-Quran adalah penggunaan metode bimbingan belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana implementasi dan efektifitas bimbingan belajar untuk siswa yang masih sulit baca Al-Quran di SDN Karangasem 03 Batang. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk Mengetahui Bagaimana implementasi dan efektifitas bimbingan belajar untuk siswa yang masih sulit baca Al-Quran di SDN Karangasem 03 Batang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualiitatif, dengan mencari data menggunakan observasi, wawancara, dan sejumlah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Program bimbingan belajar di SDN Karangasem 03 Batang merupakan upaya terstruktur untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Melalui Program bimbingan belajar, program ini menyesuaikan pendampingan sesuai kebutuhan siswa dan menggunakan metode yang efektif. Meskipun ada tantangan seperti perbedaan latar belakang dan keterbatasan waktu, dukungan dari orang tua dan kolaborasi antar siswa menjadi kunci keberhasilan. Secara keseluruhan, program ini menekankan pentingnya sinergi antara kepala sekolah, pendidik, dan siswa dalam menciptakan lingkungan belajar yang mampu membuat siswa lebih cepat belajar membaca Al-Qur’an. 2. Program bimbingan belajar membaca Al-Qur'an di SDN 03 Karangasem Batang adalah bahwa penerapan metode home room program dan al-Baghdadiyah telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan kini menunjukkan kemajuan yang signifikan, bahkan dapat melanjutkan ke tahap hafalan. Namun, untuk lebih mempercepat pemahaman siswa, disarankan untuk menambahkan kegiatan baru yang menarik. Dengan demikian, program ini dapat terus berkembang dan memberikan hasil yang lebih optimal dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Bimbingan Belajar, Baca Al-Quran | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2024 02:12 | ||||||||
Last Modified: | 20 Dec 2024 02:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11979 |
Actions (login required)
View Item |