Strategi komunikasi “majelis az zahir” dalam menarik kehadiran kaum generasi z untuk mensyiarkan selawat

Zahra, Nurhalimah (2023) Strategi komunikasi “majelis az zahir” dalam menarik kehadiran kaum generasi z untuk mensyiarkan selawat. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419123-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3419123-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu cara umat Islam untuk selalu mengingat Allah SWT sebagai pencipta alam semesta dan Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul utusan Allah yang menjadi tuntunan seluruh umat Islam ialah dengan cara bershalawat.. Perkembangan zaman turut mempengaruhi proses dan cara umat Islam mengamalkan shalawat dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu shalawat dengan cara yang hanya membacakan dalam hati atau setelah melakukan shalat lima waktu dan ada juga dengan iringan hadroh dan qasidah yang seperti sekarang ini dan dilakukan oleh banyak grup shalawat. Serta kemajuan teknologi yang ada turut mendukung proses menyebarkan syiar untuk membaca shalawat kepada jamaah secara luas. Melalui media sosial dengan memanfaatkan fitur yang ada, yakni siaran langsug yang membantu para munsyid dalam mensyiarkan shalawat kepada masyarakat tanpa perlu datang secara langsung setiap kegiatan pembacaan shalawat. Majelis Az Zahir juga berperan penting dalam menjaga keberlanjutan tradisi keagamaan yang bernilai tinggi ini. Mereka melestarikan warisan budaya Islam yang kaya dengan memperkenalkan shalawat kepada Generasi Z. Untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Majelis Az Zahir, peneliti membatasi skripsi ini pada dua poin rumusan masalah yaitu: 1. Bagaimana strategi komunikasi dakwah yang dilakukan oleh majelis Az Zahir dalam menarik kehadiran kaum generasi Z untuk mensyiarkan selawat? 2. Bagaimana penampilan oleh majelis Az Zahir dalam menarik kehadiran kaum generazi Z untuk mensyiarkan selawat? Penelitian ini menggunakan pendekatan data kualitatif dengan metode field research yaitu mengambil data secara langsung dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengacu pada metode Harlod D Laswell. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Majelis Az Zahir telah menerapkan strategi komunikasi dakwah sebagai sarana kreativitas dalam konten dakwah salah satu aspek yang sangat penting dalam peran Majelis Az Zahir dalam mengenalkan Nabi SAW kepada Generasi Z adalah pembacaan shalawat. Kemudian dengan penampilan menarik, adaptasi terhadap trend dan preferensi musik Generasi Z, serta lantunan shalawat yang merdu dan kehadiran rutin dalam kegiatan majelis. Majelis Az Zahir berhasil menciptakan pengalaman dakwah yang relevan dan menarik bagi Generasi Z. Selain itu, pendekatan yang berbasis akhlak baik, sikap santun, dan komunikasi yang melibatkan performa dan gaya juga memberikan daya tarik tersendiri bagi Generasi Z.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNoviyanto, KholidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Dakwah, Generasi Z, Majelis Az Zahir
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 04 Feb 2025 07:13
Last Modified: 04 Feb 2025 07:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12171

Actions (login required)

View Item View Item