Pengaruh Promosi, Pengetahuan Produk, Dan Pendapatan Terhadap Minat Berinvestasi Pada Produk Cicil Emas Di Bank Syariah Indonesia Kcp Pemalang Comal

Nadiah Khalishah Fithri, Nadiah (2025) Pengaruh Promosi, Pengetahuan Produk, Dan Pendapatan Terhadap Minat Berinvestasi Pada Produk Cicil Emas Di Bank Syariah Indonesia Kcp Pemalang Comal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221092_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221092_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4221092_LampiranSkripsi.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nadiah Khalishah Fithri. Pengaruh Promosi, Pengetahuan Produk, dan Pendapatan Terhadap Minat Berinvestasi pada Produk Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia KCP Pemalang Comal. Ketidakstabilan ekonomi global mendorong masyarakat untuk mempersiapkan investasi dengan emas sebagai pilihan utama karena nilainya yang terus meningkat. Namun maraknya penipuan investasi emas menjadi tantangan serius. Bank Syariah Indonesia menawarkan produk Cicil Emas sebagai solusi investasi yang aman dan fleksibel. Meski memiliki berbagai keunggulan, produk Cicil Emas belum sepenuhnya menarik minat masyarakat bahkan nasabah BSI KCP Pemalang Comal itu sendiri. Minat mengacu pada kecenderungan seseorang terhadap suatu hal dengan sepenuh hati. Perilaku yang dilakukan nasabah dalam menggunakan produk apapun dipengaruhi oleh kemungkinan untuk melakukan transaksi yang dapat dikatakan sebagai minat. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, pengetahuan produk, dan pendapatan terhadap minat berinvestasi pada produk Cicil Emas BSI KCP Pemalang Comal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP Pemalang Comal. Jumlah sampel yang diperoleh adalah 100 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa promosi (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi produk Cicil Emas. pengetahuan produk (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi produk Cicil Emas. pendapatan (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi produk Cicil Emas. Secara simultan promosi, pengetahuan produk, dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi produk Cicil Emas (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPratomo Cahyo Kurniawan, M. Ak, Bp. Cahyo1989070820201211010-
Uncontrolled Keywords: Promosi, Pengetahuan Produk, Pendapatan, Minat Investasi, Cicil Emas, Bank Syariah Indonesia
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 04 Mar 2025 06:19
Last Modified: 04 Mar 2025 06:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12229

Actions (login required)

View Item View Item