Implementasi Metode Drill Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII A Di MTs Terpadu Gondang Wonopringgo

Maghfiroh, Nur Lailatul (2025) Implementasi Metode Drill Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII A Di MTs Terpadu Gondang Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220018_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220018_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2220018_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami Implementasi Metode Drill dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk kelas VII A di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Gondang Wonopringgo, pada tahun ajaran 2024/2025. Rumusan masalah penelitian ada dua, yaitu: Bagaimana implementasi Metode Drill dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di kelas VII A MTs Terpadu Gondang Wonopringgo? kedua: Apa Faktor pendukung dan penghambat Implementasi Metode Drill dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII A MTs Terpadu Gondang Wonopringgo?. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pendekatan ini dipilih karena cocok untuk memahami konteks alami dari praktik pembelajaran tanpa campur tangan yang signifikan. Penelitian lapangan dilakukan di lokasi pembelajaran untuk memperoleh wawasan yang mendalam tentang bagaimana metode ini diimplementasikan dalam praktik sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Drill ini cukup efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di kelas VII A diterapkan dengan perencanaan yang terstruktur dan pelaksanaan yang terorganisir dengan baik dalam setiap sesi pembelajaran. Guru menggunakan metode drill yang dipadukan dengan metode bernyanyi untuk memperkuat pemahaman dan hafalan kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab siswa. Tahap pendahuluan mencakup sambutan dan doa bersama, serta pemaparan singkat tentang materi yang akan dipelajari. Tahap inti terdiri dari tiga kegiatan yaitu pengamatan kosakata, bernyanyi, hafalan kosakata. Sedangkan untuk kegiatan penutup biasanya guru mengulas kembali materi yang sudah dipelajari. Faktor pendukung dalam implementasi metode drill ini ada 2 yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal meliputi kurangnya minat belajar siswa, kurangnya fokus siswa terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab, latar belakang pendidikan serta sebagian siswa santri pondok kadang suka tertidur di kelas. Sedangkan faktor eksternal yaitu perbedaan sifat dan karakter siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlghifarry, Muhammad199006082019031004-
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran bahasa Arab.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Mar 2025 06:38
Last Modified: 10 Mar 2025 01:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12262

Actions (login required)

View Item View Item