Wieke Nur Ilma, Wieke (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Pada Materi Spldv Berbantuan Nearpod Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas Viii Mts Negeri 2 Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621001_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2621001_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2621001_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Inovasi dalam pembelajaran matematika menjadi kebutuhan yang mendesak seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan karakteristik peserta didik. Pembelajaran berbasis teknologi memberikan peluang untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna. Salah satu aspek penting dalam pembelajaran yang efektif adalah keaktifan peserta didik selama proses belajar mengajar berlangsung. Di MTs Negeri 2 Pemalang, keaktifan peserta didik dalam memahami materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) masih tergolong rendah. Rendahnya keaktifan ini dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran yang jarang. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana proses pengembangan media pembelajaran interaktif matematika berbantuan Nearpod, bagaimana tingkat kevalidan media tersebut, serta bagaimana kepraktisan dan efektivitasnya dalam meningkatkan keaktifan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Nearpod yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika pada materi SPLDV kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses pengembangan dimulai dengan analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik. Desain media kemudian dibuat berdasarkan hasil analisis tersebut, dilanjutkan dengan pengembangan produk yang divalidasi oleh ahli materi, media, dan bahasa. Uji coba dilakukan pada peserta didik kelas VIII, dan evaluasi dilakukan untuk menilai Kepraktisan diukur menggunakan angket yang diisi oleh pendidik dan peserta didik, kemudian dihitung rata-rata persentasenya. Efektivitas media dinilai berdasarkan hasil uji-t dan peningkatan keaktifan peserta didik yang dihitung menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Nearpod memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, dengan skor validasi 80% dari ahli materi, 85% dari ahli media, dan 96% dari ahli bahasa. Kepraktisan media dinilai sangat tinggi dengan skor 93% berdasarkan respons pendidik. Efektivitas media ditunjukkan oleh peningkatan keaktifan peserta didik yang signifikan, dengan nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,57 (kategori sedang). Media pembelajaran berbantuan Nearpod ini terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada materi SPLDV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Nearpod, SPLDV, dan Keaktifan | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2025 03:37 | ||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2025 03:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |