Ismasari, Ismasari (2025) Implementasi pembelajaran kitab syi'ir ngudi susilo dalam pembinaan akhlak santriwati berhadap guru di pondok pesantren al-qutub Wonopringgo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121006_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (713kB) |
![]() |
Text
2121006_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2121006_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pondok pesantren berperan penting dalam membina akhlak santriwati melalui pendidikan agama. Kitab Syi’ir Ngudi Susilo merupakan kitab yang berisi tentang akhlak yang digunakan di Pondok Pesantren AlQutub Wonopringgo Pekalongan, sebagai upaya dalam pembinaan akhlak santriwati, khususnya yaitu akhlak santriwati terhadap guru. Kitab ini memuat nilai-nilai moral dan etika yang diajarkan melalui syi’ir-syi’ir berbahasa Jawa, sehingga memudahkan santriwati dalam memahami dan menginternalisasi pesan-pesan akhlak yang terkandung di dalamnya. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Kitab Syi’ir Ngudi Susilo dalam Pembinaan Akhlak Santriwati terhadap Guru di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan? 2) Bagaimana Akhlak Santriwati terhadap Guru di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan?. Dan penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsian Implementasi Pembelajaran kitab Syi’ir Ngudi Susilo dalam Pembinaan Akhlak Santriwati terhadap Guru di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan. 2) Untuk Mendeskripsikan Akhlak Santriwati terhadap Guru di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif yang mana sumber data didapatkan dengan dua sumber yakni primer dan sekunder. Data primer meliputi pengasuh, pengampu kitab Syi’ir Ngudi Susilo, dan santriwati. Sedangkan data sekunder berupa buku, jurnal, artikel, skripsi dan lain-lain. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa impelementasi pembelajaran kitab Syi’ir Ngudi Susilo terdapat perencanaan yaitu tidak dalam bentuk RPP tetapi dalam bentuk pertemuan non formal atau secara lisan. Pelaksanaannya yaitu mencakup pendahuluan, inti, dan penutup. Kemudian evaluasinya yaitu menggunakan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Impelementasi pembelajaran yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo dan pembinaan akhlak santriwati dengan menggunakan kitab Syi’ir Ngudi Susilo ini menjadi salah satu upaya untuk membina akhlak santriwati khususnya terhadap guru. Akhlak santriwati terhadap guru secara umum sudah baik, yang mana mereka membantu guru, mengerjakan tugas yang diberikan guru, bertanya dengan guru jika ada materi yang belum difahami, berbicara sopan, dan menghindari tindakan yang dilarang guru. Namun demikian, masih ada juga santriwati yang memiliki akhlak kurang baik seperti datang terlambat, mengantuk atau tidur, mengobrol, tidak konsentrasi, dan makan saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | implementasi, kitab syi’ir ngudi susilo, akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:59 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |