Usmansah, Ahmad Abduh (2017) Implementasi metode ekspositori dalam pembelajaran maharah istima’ kelas v di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karangasem Utara Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab berbeda dengan belajar bahasa-bahasa lainya, oleh karena itu prinsip dasar pengajarannya harus berbeda, baik menyangkut metode (model pengajaran) materi maupun proes pelaksanaan pengajarannya. Implementasi metode ekspositori, sudah diterapkan pada pembelajaran maharah istima’. Guru menerapkan metode ekspositori pada siswa kelas V di MI Muhammadiyah yakni dengan cara ceramah atau penyampaian materi secara verbal dari seorang pendidik kepada peserta didik dengan maksud agar peserta didik dapat menguasai materi pelajaran secara optimal pada penguasaan maharah istima’nya,namun ditemui kendalanyaadalah salah satu siswa yang belum paham apa yang di sampaikan oleh guru bahasa Arab ketika pembelajaran maharah istima’ berlangsung. Penggunaanmetodeekspositoridalampembelajaranmaharahistima’, sebenarnyasejakkelas I di MI MuhammadiyahKarangasem Utara Batang. Berkenaan rumusan masalahnya yaitu Bagaimana implementasi metode ekspositori dalam pembelajaranmaharah istima’ di MI Muhammadiah Karangasem Utara Batang? dan apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung implementasi metode ekspositori dalam pembelajaranmaharah istima’ di MI Muhammadiyah Karangasem Utara batang? Jenis ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif dengan objek penelitian MI Muhammadiyah Karangasem Utara Batang.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisa, peneliti menggunakan deskriptif analisis non statistik. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Implementasi Metode Ekspositori dalam pembelajaran maharah istima’ kelas V di MI Muhammadiyah Analisis Implementasi Metode Ekspositori Dalam Pembelajaran Maharah Istima’ kelas V MI Muhammadiyah Karangasem Utara Batang. Bisa disimpulkan ada 5 langkah yaitu : 1). Implementasi persiapan metode ekspositori dalam pembelajaran maharah istima’ yaitu dengan memberikan sugesti. 2). Implementasi penyajian metode ekspositori dalam pembelajaran maharah istima’ yaitu penggunaan bahasa, intonasi suara. 3). Implementasi korelasi metode ekspositori dalam pembelajaran maharah istima’ yaitu langkah menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman peserta didik.4).Implementasi penyimpulan metode ekspositori dalam pembelajaran maharah istima’ yaitu : langkah-langkah penyimpulan yakni menyimpulkan adalah tahapan untuk memahami inti (core) dari materi pelajaran yang telah disajikan 5). Implementasi aplikasi metode ekspositori dalam pembelajaran maharah istima’ yaitu dalam proses pembelajaran pendidik mengumpulkan informasi tentang penguasaan dan pehaman materi pelajaran oleh peserta didik. Faktor pendukungnya : 1). Kesadaran siswa akan pentingnya pembelajaran maharah istima’. 2). Ruangan belajar kelas V (lima) yang kondusif , karena terletak jauh dari kebisingan jalan raya. 3). Adanya media pembelajaran maharah istima’ yang menunjang yaituseperangkatkomputerdan audio. Adapun Faktor Penghambantnya yaitu : 1). Daya ingat siswa berbeda-beda. 2). Kompetensi guru bahasa Arab belum sesuai kompetensi bidangnya. 3). Keterbatasan waktu pembelajaran maharah istima’. 4). Kurangnya dorongan dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode ekspositori, Maharahistima’ | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Alghiffary | ||||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2021 05:52 | ||||||||
Last Modified: | 09 Mar 2021 05:52 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1268 |
Actions (login required)
View Item |