Fatima, Putri (2025) Pengaruh self control siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 4 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
2120169_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (860kB) |
![]() |
Text
2120169_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2120169_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu self control merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang, karena dengan pengendalian diri yang baik perilaku seseorang akan lebih terarah ke arah yang positif, akan tetapi kemampuan ini tidak serta merta terbentuk begitu saja, tetapi harus melalui proses-proses dalam kehidupan, termasuk dalam menghadapi kondisi yang ada di lingkungan sekitarnya Hasil belajar adalah segala sesuatu yang dicapai oleh peserta didik dengan penilaian tertentu yang sudah ditetapkan oleh kurikulum lembaga pendidikan sebelumnya Rumus masalah pada penelitian ini merupakan apakah terdapat pengaruh self control siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 4 Pekalongan Dengan tujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh self control siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 4 Pekalongan tersebut Jenis penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar (Nilai UTS) Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 responden Jenis analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan program SPPS 26 Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tedapat Pengaruh antara Self Control Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Pekalongan Hal ini dibuktikan dengan nilai hitung signifikansi variabel self control (X) adalah adalah 0004 < 0,005 (signifikansi pada delta xv 5%) dan nilai thitung 3,003 > 0,1999 maka dapat disimpulkan bahwa variabel self control (X) berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Tingkat signifikansi variabel self control (X) adalah 0,004 < 0,005 (signifikansi pada delta 1%) dan nilai thitung 3,003 > 2,657 Maka dapat disimpulkan bahwa variabel self control (X) berpengaruh signifikan terdapat Hasil Belajar Siswa Besar pengaruh yang diberikan self control terhadap hasil belajar PAI yaitu sebesar 35,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | self control, hasil belajar, pendidikan agama islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2025 02:48 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2025 06:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12730 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH SELF CONTROL SISWA TERHADAP
HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 PEKALONGAN. (deposited UNSPECIFIED)
- Pengaruh self control siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 4 Pekalongan. (deposited 22 Mar 2025 02:48) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |