SOLEKHATI, IIS (2021) Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Diferensiasi Pelayanan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pelaku Usaha Batik BBO Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
![]() |
Text
2013214438 - Bab1&5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2013214438 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Iis Solekhati. 2021. Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Diferensiasi Pelayanan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pelaku Usaha Batik BBO Kota Pekalongan. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut agama Islam Negeri Pekalongan. Dosen Pembimbing: H. Ali Amin Isfandiar, M. Ag. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh diferensiasi produk, diferensiasi pelayanan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran di Buaran Batik Online (BBO) Kota Pekalongan. Perluasan sektor usaha para pelaku usaha batik yang memiliki los di Buaran Batik Centre (BBC) ke Buaran Batik Online (BBO) melatarbelakangi masalah dalam penelitian ini, dimana pasar BBO yang tadinya sepi pengunjung menjadi ramai pengunjung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini berjenis populasi target (target population), populasi target adalah suatu jenis populasi yang telah ditentukan sesuai dengan masalah penelitian, populasi dalam penelitian ini adalah semua pelaku usaha batik yang memiliki los di BBO Kota Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, jenis teknik yang sampelnya diambil dari semua anggota populasi. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pemasaran. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Diferensiasi pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pemasaran. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Orientasi pasar berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pemasaran. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Seluruh variabel independen yaitu diferensiasi produk, diferensiasi pelayanan dan orientasi pasar berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. nilai (R) yang dihasilkan adalah sebesar 0,727 atau 72,7% artinya mempunyai hubungan yang kuat, nilai adjusted R Square sebesar 0,710 atau 71%. Hal ini berarti bahwa variabel diferensiasi produk (X1), diferensiasi pelayanan (X2) dan orientasi pasar (X3) memiliki kontribusi sebesar 71% dalam menerangkan variabel kinerja pemasaran (Y). Kata Kunci : Diferensiasi produk, Diferensiasi Pelayanan, Orientasi Pasar, dan Kinerja Pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Diferensiasi produk, Diferensiasi Pelayanan, Orientasi Pasar, dan Kinerja Pemasaran. | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.9598 In Indonesia/Perkembangan Ekonomi di Indonesia, Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:56 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |