Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMP Negeri 9 Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015

Agus Tini, Dewi (2015) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMP Negeri 9 Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111075 DEWI AGUS TINI BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021111075 DEWI AGUS TINI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tini, Dewi Agus. 2015. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMP Negeri 9 Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dwi Istiyani, M. Ag. Kata kunci: Kompetensi pedagogik, hasil belajar I Kompetensi pedagogik merupakan suatu yang mutlak harus dimiliki oleh seorang guru agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan optimal. Kompetensi pedagogik meliputi: pemahaman wawasan, pemahamna terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pngembangan siswa. Pada hakikatnya penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan ditentukan oleh faktor guru dan unsur-unsur penunjang lainnya. Kompetensi pedagogik guru yang rendah akan lberdampak pada rendahnya mutu (kualitas) pendidikan. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI SMP Negeri 9 Pekalongan? Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015? Bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap basil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI SMP Negeri 9 Pekalongan, untuk mengetahui basil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015, untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015. Adapun jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yang pertama adalah analisis pendahuluan, yang kedua analisis uji hipotesis dengan bantuan program aplikasi SPSS 17.0. dan yang terakhir yaitu analisis tindak lanjut, atau penarikan kesimpulan dari hipotesis yang penulis ajukan. Untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap varibel Y penulis menggunakan rumus regresi sebagai berikut Y = a + bX. Diperoleh persamaan Y=20,825+0,855. Selain itu diperoleh pula nilai r hitung sebesar 0,711, dan nilai r square sebesar 0,505. Hal ini menunjukkan bahwa 50,5% hasil belajar PAI siswa dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru, sedangkan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIstiyani,, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, hasil belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:56
Last Modified: 21 Aug 2025 04:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13126

Actions (login required)

View Item View Item