Istiqomah, Istiqomah (2020) Pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru paiterhadap pembentukan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP N 2 Wonokerto. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Guru merupakan ujung tombak dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa guru memiliki peran sentral dalam keberhasilan penyelenggaraan program pendidikan. Sebagai tenaga kependidikan guru sangat dituntut untuk memiliki profesionalitas yang tinggi dalam pelaksanaant ugas yang diemban. Profesi guru merupakan tanggungjawab yang ditunjang dengan keahlian dan kemampuan untuk berjiwa besar dalam melakukan layanan social dalam pendidikan diatas kepentingan pribadinya. Sehingga dalam pembentukan kecerdasa spiritual dibutuhkan Seorang guru yang mempunyaik ompetensi agar dapat melaksanakan tugsnya dengan baik. Kompetensi yang berkaitan dalam pembentukan kecerdasan spiritual ini meliputi kompetensi dan kepribadian dan kompetensi sosial guru. Rumusan masalah Penelitian ini adalah: Seberapa besar pengaruh kompetensi kepribadian Guru PAI terhadap Pembentukan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik SMP N 2 Wonokerto,Seberapa besar pengaruh kompetensi SosialGuru PAI terhadap Pembentukan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik SMP N 2 Wonokerto, Seberapa besar pengaruh kompetensi kepribadiandan kompetensisosial Guru PAI terhadap pembentukan Kecerdasan Spiritual peserta didik di SMP 2 Wonokerto. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI (X1) terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik SMP N 2 Wonokerto dengan rata-rata sebesar 61,99. Nilai tersebut berada pada interval 55,4245 – 68,5555. Hal ini ditunjukkan dengan persentase jawaban siswa SMP N 2 Wonokerto sebesar 88,64 % atau sebanyak 78 siswadari 88 responden. Pengaruh KompetensiS osial Guru PAI (X2) terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik SMP N 2 Wonokerto dengan rata-rata sebesar 46,39. Nilai tersebut berada pada interval 55,4245 – 68,5555. Hal ini ditunjukkan dengan persentase jawab ansiswa SMP N 2 Wonokertosebesar 87,51% atausebanyak 77 siswadari 88 responden.. Dan pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru PAI terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik SMP N 2 Wonokerto dapat dilihat dari hasil analis menggunakan rumus regresi linier berganda diperoleh bahwa thitung(X1) sebesar 2,575, dan thitung(X1) sebesar 3,201 ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,98793 dan taraf signifikan 1% sebesar 2,63421. thitung lebih besar dari pada ttabel baik pada signifikansi 5% dan 1% maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 03:03 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 03:03 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1334 |
Actions (login required)
View Item |