Yuli Purwanti, Ina (2020) Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Tema 7 Kelas IV MINU Rowolaku Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Peneitian ini berangkat dari penggunaan metode yang tidak tepat oeh guru dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa yang menyebabkan siswa kurang bisa menangkap materi pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran seringkali tidak dapat tercapai dengan baik. Pada anak usia MI/SD rasa percaya terhadap teman biasa lebih besar dari pada rasa percaya kepada orang dewasa. Bahasa yang digunakan antar teman sebaya juga mmudahkan siswa dalam menangkap apa yang disampaikan. Sehingga metode tutor sebaya menjadi menarik dan tepat. Metode penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan.sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri atas metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Sedangka teknik analisis data diperoleh dari pengumpulan data, klasifikasi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi metode pembelajaran tutor sebaya tema 7 kelas IV MINU Rowolaku Kabupaten Pekalongan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan terdiri dari penyusunan Silabus, RPP menggunakan kurikulum 2013. Sedangkan evaluasi pembelajaran metode tutor sebaya dilakukun untuk mengetahui sejauhmana kemampuan siswa setelah melalui proses pembelajaran. Evaluasi dilakukan dengan berbagai teknik tes yang berupa tes lisan, tes tertulis dan tes perbuatan. Faktor pendukung metode pembelajaran tutor sebaya tema 7 kelas IV MINU Rowolaku Kabupaten Pekalongan meliputi bahan ajar yang menarik dan daya kreativitas guru dalam melakukan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat metode pembelajaran tutor sebaya tema 7 kelas IV MINU Rowolaku Kabupaten Pekalongan disebabkan oleh alokasi waktu yang terbatas, suasana kelas yang ramai dan kemampuan siswa yang berbeda – beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode, Tutor Sebaya, Tematik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2021 09:00 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2021 09:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1335 |
Actions (login required)
View Item |