Pengaruh Karakteristik Wirausaha Muslim, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Paninggaran

Kamala, Ratna Dewi (2021) Pengaruh Karakteristik Wirausaha Muslim, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Paninggaran. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
4117296_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4117296_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4117296_Lampiran.pdf

Download (903kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Pembangunan ekonomi adalah rangkaian langkah kebijakan yang memiliki tujuan guna meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi peran penting bagi pembangunan ekonomi di negara berkembang termasuk Indonesia. Indonesia tidak hanya mendominasi jumlah UMKM, tetapi UMKM di Indonesia mampu bertahan dari krisis global. Hal ini yang membuat pemerintah sangat mementingkan pengembangan UMKM di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Karakteristik Wirausaha Muslim, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan UMKM. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa Karakteristik Wirausaha Muslim berpengaruh signifikan terhadap Perkembangan UMKM dibuktikan dengan nilai sig 0,009 < 0,05 dan nilai T hitung 2,679 > T tabel (1,985) atau 2,679 > (1,985). Modal Usaha tidak berpengaruh terhadap Perkembangan UMKM dibuktikan dengan nilai sig 0,132 > 0,05 dan nilai T hitung -1,519 < T tabel (1,985) atau -1,519 < (1,985). Serta Strategi Pemasaran berpengaruh terhadap Perkembangan UMKM dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai T hitung 11,362 > T tabel (1,985) atau 11,362 > (1,985). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi Nilai Adjusted R Square menunjukkan sekitar 68,2 % variabel Perkembangan UMKM (Y) dipengaruhi Karakteristik Wirausaha Muslim (X1), Modal Usaha (X2) dan Strategi Pemasaran (X3). Sementara sisanya sebesar 31,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel variabel Karakteristik Wirausaha Muslim, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,682 atau 68,2% terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Paninggaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNasrullah, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Wirausaha Muslim, Modal Usaha Strategi Pemasaran, Perkembangan UMKM.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 26 May 2025 04:29
Last Modified: 26 May 2025 04:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13398

Actions (login required)

View Item View Item