Pengaruh Motivasi, Kualitas Pelayanan Dan Sosialisasi Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Produk Tabungan Emas Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada Pt. Pegadaian Kantor Cabang Pegadaian Syariah Ponolawen Di Pekalongan)

WULANDARI, DITA ADITYA (2022) Pengaruh Motivasi, Kualitas Pelayanan Dan Sosialisasi Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Produk Tabungan Emas Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada Pt. Pegadaian Kantor Cabang Pegadaian Syariah Ponolawen Di Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

[img] Text
2013115035_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2013115035_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, kualitas pelayanan, dan sosialisasi terharap minat menabung pada produk tabungan emas di Pegadaian Syariah. Jenis metode penelitian ini yaitu field research. Field research adalah penelitian yang menggunakan data yang didapat dari studi lapangan melalui cara melakukan pengamatan, pencatatan, serta pengumpulan beberapa data ataupun informasi yang ada di lapangan studi kasus dan survey. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan angket yang akan diberikan kepada responden dimanapun tempatnya peneliti bertemu dengan responden yang memenuhi kriteria. Penelitian ini mempergunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dijadikan obyek pada penelitian ini yaitu nasabah Pegadaian Syariah Ponolawen sejumlah 95 nasabah. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan SPSS. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji instumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis. Diketahui dengan koresponden 95 sebesar 0,202. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa nilai t hitung pada variabel motivasi sebesar 0,021, kualitas pelayanan sebesar sebesar 5,958 dan sosialisasi sebesar 4,331. Hasil Uji F dapat disimpulkan bahwa nilai f hitung sebesar 75.711 dengan tingkat signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variable kualitas pelayanan dan sosialisasi secara simultan berpengaruh terhadap variable minat. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan hasil: (1) Motivas tidak berpengaruh terhadap minat menabung. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap minat menabung. (3) Sosialisasi berpengaruh positif terhadap minat menabung. Kata Kunci : Motivasi, Kualitas pelayanan, Sosialisasi, Minat menabung

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorM. Nasrullah, M. NasrullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kualitas pelayanan, Sosialisasi, Minat menabung
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 331.621598 Indonesian Worker/Pekerja dari Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 21 Aug 2025 05:03
Last Modified: 21 Aug 2025 05:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13461

Actions (login required)

View Item View Item