OKTAVIANI, FIDIA (2022) Strategi Bisnis Dan Keberlanjutan Bisnis Tanaman Hias Di Batang (Perspektif Ekonomi Islam). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2013115191 - Bab1&5.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2013115191 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Oktaviani, Fidia 2022. Strategi Bisnis Dan Keberlanjutan Bisnis Tanaman Hias Di Riska Nursery Batang (Perspektif Ekonomi Islam) Di Kabupaten Batang banyak ditemukan pengusaha tanaman hias, yang tentu saja berimbas dengan adanya persaingan bisnis tanaman hias diantara pelaku bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Strategi bisnis pengusaha tanaman hias di Riska Nursery Batang dalam mempertahankan keberlanjutan bisnisnya menurut Ekonomi Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis mengumpulkan, mengklarifikasi materi data, mereduksi dan menyimpulkan data, kemudian disajikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi bisnis yang dilakukan oleh bapak Mugiono pemilik Riska Nursery merupakan stategi bisnis dengan menggunakan Konsentrasi, Pengembangan pasar, Pengembangan produk, Dikonversi konsentrik, dan dengan Pengembangan Sumber daya manusia. Menurut pengamatan penulis dari strategi yang dilakukan perusahaan masih terus berjalan hingga saat ini dan terus berkembang walaupun banyak pesaing baru yang berdatangan. Di antara banyaknya pesaing baru yang muncul ada pula yang tidak bisa bertahan atau tidak bisa bersaing dengan perusahaan lain. Strategi bisnis dengan perspektif ekonomi Islam yang di lakukan oleh bapak Mugiono merupakan stategi bisnis yang menggunakan dasar ajaran agama Islam dengan niat suci ibadah, jujur dan ikhlas. Menurut pengamatan penulis dari strategi bisnis dengan perspektif ekonomi Islam yang di lakukan oleh perusahaan tersebut telah sesuai dengan ajaran-ajaran jual beli dalam Islam yaitu berpedoman pada Al• Quran dan Hadits. Hal ini menjadi dasar awal karena memang bisnis ini sudah di niati untuk ibadah dan membantu sesama dalam menyediakan produk dan membuka lapangan pekerjaan. Kata Kunci: Strategi Bisnis, Ekonomi islam, Tanaman Hias
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Bisnis, Ekonomi islam, Tanaman Hias | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.0112 Economic Forecasting/Ramalan Ekonomi, Prakiraan Ekonomi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 05:02 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 05:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |