Analisis penerapan strategi pemasaran syariah usaha biting rica-rica di desa kuripan yosorejo Pekalongan selatan dalam upaya meningkatkan volume penjualan

Firliyana, Yunika (2022) Analisis penerapan strategi pemasaran syariah usaha biting rica-rica di desa kuripan yosorejo Pekalongan selatan dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013116255 - Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2013116255 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2013116255 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Biting Rica-Rica merupakan usaha makanan rumahan mie lidi yang masih bertahan di Desa Kuripan Yosorejo. Usaha ini justru mengalami pengembangan dibanding dengan usaha yang serupa namun mengalami kebangkrutan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi pemasaran usaha biting rica-rica dalam meningkatkan volume penjualan dan mengetahui strategi pemasaran usaha biting rica-rica dalam meningkatkan volume penjualan ditinjau dari perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif (Field Research) dengan teknik pengambilan data berupa wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di lapangan. Responden penelitian ini berjumlah 7 orang. Hasil wawancara kemudian diolah dan dianalisis menggunakan alat berupa strategi bauran pemasaran 4P (produk, price, place dan promotion). Hasil dari penelitian ini adalah Biting Rica-Rica menerapkan strategi bauran pemasaran (produk, price, place dan promotion) dalam meningkatkan volume penjualannya. Disamping menggunakan strategi bauran pemasaran konvensional, Usaha Biting Rica-Rica juga menerapkan strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan volume penjualannya, yang meliputi : produk yang dijual sesuai dengan yang dipromosikan, adanya jaminan penukaran produk apabila terjadi kerusakan, tidak membeli follower palsu, dan sebagainya. Usaha Biting Rica-Rica menjunjung tinggi nilai-nilai agama, dimana bentuk pelayanan dan pemasarannya sesuai dengan aturan syariah yang terkandung dalam kaidahkaidah Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMasrur, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Biting Rica-Rica, Strategi Pemasaran, Strategi Pemasaran Syariah, Volume Penjualan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:05
Last Modified: 04 Jun 2025 02:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13476

Actions (login required)

View Item View Item