Implementasi Manajemen Kelas Dalam Mengembangkan Inovasi Aktivitas Belajar Anak Usia Dini di KB Bhakti Ananda Panjang Wetan Pekalongan Utara

Khasanah, Nur (2025) Implementasi Manajemen Kelas Dalam Mengembangkan Inovasi Aktivitas Belajar Anak Usia Dini di KB Bhakti Ananda Panjang Wetan Pekalongan Utara. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421063_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2421063_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2421063_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Manajemen kelas memegang peran sentral dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran, terutama pada jenjang pendidikan anak usia dini yang membutuhkan pendekatan yang berbeda dan lebih kreatif. Dalam praktiknya, masih banyak pendidik yang menghadapi tantangan dalam menciptakan suasana kelas yang mendukung, serta dalam merancang aktivitas belajar yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Keterbatasan pemahaman guru mengenai manajemen kelas yang efektif sering kali menjadi hambatan dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka tujuan penelitian yaitu sebagai berikut: Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen kelas dalam mengembangkan inovasi aktivitas belajar anak usia dini di KB Bhakti Ananda Panjang Wetan Pekalongan Utara? Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk inovasi aktivitas belajar anak usia dini di KB Bhakti Ananda Panjang Wetan Pekalongan Utara? Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat manajemen kelas dalam mengembangkan inovasi aktivitas belajar anak usia dini di KB Bhakti Ananda Panjang Wetan Pekalongan Utara? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kelas dalam mengembangkan inovasi aktivitas belajar anak usia dini dengan menggunakan teknik fokus penelitian, data dan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi waktu, teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kelas terdiri dari planning, organizing, actuating, controlling. Bentuk-bentuk inovasi aktivitas belajar terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. Faktor pendukung terdiri dari dukungan dari sekolah dan hubungan antara guru dan siswa. Faktor bagaimana menangani penghambat anak yang membutuhkan perhatian lebih, cara menangani situasi ketika banyak anak yang rewel, kendala yang melibatkan orang tua dalam proses pendidikan anak di PAUD.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Inovasi Aktivita Belajar, Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:25
Last Modified: 16 Jun 2025 02:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13586

Actions (login required)

View Item View Item