Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kajen

Harialdi, Fajar (2025) Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121028_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121028_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Media suatu pembelajaran didefinisikan serangkaian alat (materi) yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi selama proses pembelajaran dari guru ke siswa dengan tujuan mencapai hasil secara efisien dan efektif. Dengan memanfaatkan google sites sebuah situs web yang bisa diakses melalui perangkat smartphone atau komputer, yang pada umumnya dimiliki oleh siswa, memudahkan mereka dapat terakses kapanpun serta dimanapun. Siswa dengan mandiri bisa belajar melalui bantuan alat pembelajaran tersebut. Guru dapat memanfaatkan media ini sebagai alat bantu pembelajaran dan sebagai alternatif agar terpenuhinya kebutuhan berupa sumber untuk belajar untuk siswa. Rumusan Masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran google sites untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kajen? (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kajen sesudah penggunaan media pembelajaran google sites? Tujuan dari penelitian ini yaitu: ”(1) Mengembangkan google sites sebagai alat media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi atau keinginan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kajen. (2) Mengetahui tingkat motivasi belajar siswa VIII di SMP Negeri 3 Kajen setelah menggunakan media pembelajaran google sites. Metode Penelitian ini dikategorikan jenis penelitisan research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap, yaitu analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement (implementasi) serta evaluate (evaluasi). Hasil peneliian uji validitas media pembelajaran Google Sites berdasarkan penilaian: (1) Ahli materi menunjukkan 100% dengan kriteria dapat diterapkan tanpa revisi. (2) Ahli media 94% dikategorikan dapat diterapkan tanpa revisi. (3) Uji Paired Sample t-test, nilai probabilitas yang diperoleh adalah 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil post-test dan pre-test, yang berarti ada peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbentuk Google Sites di kelas VIII SMP Negeri 3 Kajen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSolehuddin, Moh. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Google Sites, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:51
Last Modified: 16 Jun 2025 04:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13590

Actions (login required)

View Item View Item